PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 MANTINGAN

Nia Uzlifatun Ni'mah

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran di sekolah hingga saat ini masih menghadapi banyak kendala dan hambatan, salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang menyebabkan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan data hasil nilai rata-rata peserta didik kelas VB SDN 3 Mantingan hanya 59,3 dari KKM yang telah ditetapkan 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Mantingan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan dua tahapan, yaitu pra siklus dan siklus I. Penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Mantingan Jepara dengan sasaran penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V B berjumlah 21 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang dapat dilihat rata-rata nilai pada prasiklus yang menunjukkan 59,3 dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 29 % mengalami peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 77,4 dengan tingkat ketuntasan mencapai 81%. Pada pra siklus hanya 6 peserta didik yang mencapai ketuntasan hasil belajar, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 17 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran IPS terbukti mempu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Bayu, Ahyar Dasep. 2021. Model-Model Pembelajaran. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Group.

Elpisah, Elpisah & Saidna Zulfiqar Bin Thahir. 2019. Student Team Achievement Division (STAD) Model in Increasing Economic Learning Outcomes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 10 (08), 3089-3092.

Farhana, Husna, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: HC. Publisher.

Hazmiwati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (01), 178-184.

Istiqomah, Livia, dkk. 2020. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar, Naturalistic: Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (1), 650-660.

Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deeppublish.

Khodijah. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Krismanto, Harianja Joko. 2022. Tipe-tipe Model Pembelajaran Cooperative learning. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kusuma, Mahaishis & Muhammad Abduh. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jrnal Basicedu, 5 (04), 1855-1861.

Lazim. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative learning Tipe Student Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ip Siswa Kelas V SD Negeri 35 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (02), 546-554.

Nafsir, Muh. 2018. Model Cooperative learning STAD untuk Meningkatan Hasil Belajar IPS di Kelas V SDN 008 Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (05), 769-775.

Nurcahyo, Adi, dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Arias Diintegrasikan dengan Pembelajaran Cooperative learning. Jawa Timur: Global Aksara Pres.

Riski, Anisa. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SDN 1 Tulusrejo Kecamatan Pekalongan Tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. IAIN Metro.

Sobri, Muhammad. 2020. Kontribusi Kemandirian dan Kedislipinan Terhadap Hasil Belajar. Praya: Guepedia.

Sudana, I Putu Ari & I Gede Astra Wesnawa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (1), 1-8.

Sugiarto, Toto. 2020. E- Learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: CV Mine.

Sumarni, Ela Titi & Mansurdin. 2020. Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai 1, 4 (02), 1309-1319.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Penamedia Group.

Thobroni, Muhammad, dkk. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Widharningsih, Ika Mery. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD. Jurnal Parktik Penelitian Tindakan, 10 (01), 1-7.

Yanti, Fitria, dkk. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: CV. Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i2.3818

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 41 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe