PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV

Anisah Khoirul

Abstract


Abstrak

_______________________________________________________________

Pendidikan matematika merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir logis, serta dapat menyelesaikan masalah baik masalah dalam disiplin ilmu atau masalah dalam kehidupan sehari-hari. Maka penentuan model pembelajaran yang menarik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika untuk memperbaiki pemahaman konsep dan menarik perhatian siswa, karena pada umumnya tidak semua peserta didik dapat memahami konsep dan kurangnya minat yang dimiliki peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil akhir pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa yaitu dengan penggunaan model pembelajaran Example non Example untuk mata pelajaran matematika materi bangun datar. Model pembelajaran ini tidak hanya menggunakan gambar-gambar untuk menyampaikan penjelasan materi yang akan diajarkan tetapi mengetahui dan menghafal konsep-konsep atau rumus-rumus tetapi juga dibutuhkan suatu pemahaman serta kemampuan untuk menyelesaikan persoalan matematika dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil data yang telah dicapai persiklusnya mengalami peningkatan perbaikkan pembelajaran dimana pada pra siklus 43,3%, siklus I meningkat sebesar 86,6% ini sudah dikatakan tuntas karena pembelajaran dikatakan tuntas apabila secara klasikal siswa yang mendapat nilai 7 keatas mencapai 85 %, maka model Example Non Example pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika IV di  SD.

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Andriani, Rike dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan managemen perkantoran. Vol. 4, No. 6.

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Fitri, Ayu. 2020. Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. Vol.5 No.1.

Komalasari, kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual. Bndung: PT Refika Aditama.

Sulistyawati, Wening tri. 2018. Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Examples Non Examples. Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol. 3 No.1.

Uno, Hamzah B & Nurdin Muhammad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pakem. Jakarta: Bumi Aksara.

Widhyastuti, N. K. S dan K. E. K. Andriyani, dkk. 2017. Penerapan Strategi Example Non Example Dengan Teknik Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang. JPBJ. Vol.3, No. 2.

Wulandari S, Christine. 2017. Menanamkan konsep bentuk geometri (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. Vol.3 No.1.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v3i2.2775

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 163 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe