DAMPAK LESSON STUDY TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL, PEDAGOGIK, dan SOSIAL GURU SEKOLAH DASAR

Ratih Wulandari, Iim Suryahim

Abstract


Aspekyangmendukungkualitaspendidikandiindonesiasalahsatunyaadalah kompetensiguru,yaitukompetensipedagogik,profesional,kepribadian,dansosial.Guruadalahpendidikprofesionaldengantugasutamamendidik,mengajar, membimbing,mengarahkan,melatih,menilai,danmengevaluasipesertadidik.Berdasarkan data hasil uji kompetensi kualitas guru masih rendah karena Indonesia masihbelummemenuhikriteriastandarminimalyangtelahditentukanoleh pemerintah. Maka melihat hal tersebut diperlukan adanya peningkatan kualitas guru dengancarameningkatkankompetensiprofesional,pedagogik,dansosial,salahsatu caranyaadalahdenganmenggunakanstrategilessonstudy.Penelitianinidiharapkan dapatmeningkatkankompetensiprofesional,pedagogik,dansosialguru.Metode penelitianinimenggunakanmetodekuantitatiftipeeksperimensemu,sedangkan teknikpengambilansampeldengancaratekniksimplerandomsampling,yakni mengambildaripopulasisecaraacaktanpamemperhatikanstratadalampopulasi. HasilpenelitianmembuktikanbahwaLessonStudyberpengaruhterhadapkompetensiguru,dibuktikandenganhasilujipairedsampletestmenggunakanspss,terdapat perbedaanrata-ratapadanilaipretestdanpostest.JadiLessonStudydapatdijadikan salahsatualternatifpembinaangurudalampeningkatankompetensiprofesional,pedagogik, dan sosial guru.Kata Kunci: Lesson Study ; Kompetensi Profesional;pedagogik;sosial

Full Text:

PDF

References


Depdiknas,2005.PeraturanPemerintahNomor14Tahun2005TentangGurudan

Dosen. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas,2005.PeraturanPemerintahNomor19tahun2005tentangStandar

Nasional pendidikan, pasal 28 (3). Jakarta : Depdiknas

Hendayana,Sumar.2007.LessonStudySuatuStrategiUntukMeningkatkan

keprofesionalan Pendidik.Bandung : FPMIPA UPI dan JICA

Mustikasari,A.2008.MenujuGuruYangProfesionalMelaluiLessonStudy.

Semarang.http://eduarticles.com/menuju-guru-yang-profesional-melaui-

lessonstudy/.3 September2008

Ono,Yumiko.JohannaFerreira.Acaseofcontinuingteacherprofessional

developmentthroughlessonstudyinSouthAfrica.Journalofeducation

:30:59-74

Rahayu,S.Mulyani,S.2012.PengembanganPembelajaranIpaTerpaduDengan Menggunakan

ModelPembelajaranProblemBaseMelaluiLessonStudy.Jurnal

Pendidikan IPA Indonesia: 1.1.

Rusman.2010.Model-ModelPembelajaran:MengembangkanProfesionalGuru.

Jakarta: Rajawali press

Rustono,E.H.M.AbdulMuin.2007.LessonStudySebagaiModelBimbingan

MahasiswaPGSDPadaProgramPengalamanLapanganDiSekolahDasar.

Penelitian Pembinaan. Fakultas Ilmu Pendidikan UPI

Santyasa,W.I.2009.ImplementasiLessonStudydalamPembelajaran.Makalah

disajikan dalam Seminar Implementasi Lesson Studydalam Pembelajaran

bagiGuru-GuruTK,SekolahDasar,danSekolahMenengahPertamadi

Kecamatan Nusa Penida.

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta

Susilo. 2009. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher

Wulandari,Ratih. 2017. pengaruh model problem based learning melalui lesson

studybermedia TIK terhadap kemampuan pra-literasi sains dan sikap

ilmiah siswa. Jurnal Primary Education : 6.3.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v3i1.2144

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 83 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe