PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMINIMALISIR BULLYING VERBAL PADA GENERASI MILENIAL

Rujiani .

Abstract


Di zaman serba canggih dan penuh dengan kemudahan menjadikan generasi yang lahir di era milenial susah untuk dikendalikan. Dunia dalam genggaman sehingga menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Menjadi hal yang memprihatinkan jika tidak membekali mereka dengan pendidikan karakter. Sikap dan rasa untuk menghargai sesama semakin menipis, yang ada hanya rasa tak mau terkalahkan. Bertindak dan berkata yang kurang santun atau bullying verbal menjadi hal yang sudah biasa di mata dan telinga.  Menurut sebagian generasi milenial menganggapnya hal yang wajar dan gurauan semata, tetapi luar biasa dampaknya bagi korban, mendatangkan kecemasan yang berkepanjangan. Perlunya pendidikan karakter ditanamkan sejak dini, dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keterlibatan dari semua pihak dan segala aspek kehidupan sangat diperlukan, demi generasi milenial yang santun dan handal.


Full Text:

PDF

References


Asmaroini, Ambiro. 2016. Implementasi Nilai-nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Volume 4, nomor 2. Halaman 440-450. Diunduh tanggal 22 September 2018 pukul 18.42 WIB.

Asmaroini, Ambiro. 2017. Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Volume 1, nomor 2. Halaman 440-450. Diunduh tanggal 22 September 2018 pukul 17.50 WIB.

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hidayati, Nurul. 2012. Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi. INSAN. Volume 14, nomor 01. Halaman 41-48. Diunduh tanggal 13 Oktober 2018 pukul 19.46 WIB.

Prananto, Irfan Wahyu. 2018. Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromadia Flash 8 yang Berkualitas. Prosiding “Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa dalam Menghadapi Tantangan Global”. Halaman 203-207.

Puskur. 2010. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suciarti, Ni Nyoman Ayu., dan Sumartini, Ni Luh Putu Unix. 2018. Verbal Bullying Dalam Media Sosial Ditinjau Dari Perspektif Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Volume 1 Nomor 1. Halaman 104-134. Diunduh tanggal 13 Oktober 2018 pukul 18.15 WIB.

Sucipto. 2012. Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. Jurnal Psikopedagogia. Volume 1, nomor 1. Diunduh tanggal 12 Oktober pukul 17.53 WIB.

Sutono, Agus. 2015. Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah CIVIS. Volume V, Nomor 1. Halaman 666-678. Diunduh tanggal 22 September 2018 pukul 19.13 WIB.

Zabda, Sutan Syahrir. 2016. Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Implementasinya dalam Pembangunan Karater Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 26, Nomor 2. Halaman 106-114. Diunduh tanggal 22 September 2018 pukul 18.50 WIB.

Zakiyah, Ela Zain., Humaedi, Sahadi., dan Santoso, Meilanny Budiarti. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. Volume 4, nomor 2. Halaman 129–389. Diunduh tanggal 14 Oktober 2018 pukul 04.51 WIB.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v1i1.1584

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 1058 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe