Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengenal Sila-Sila Dan Lambang Pancasila Pada Siswa SD Kelas I

Edwiga Rika Febrilianti

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di kelas I SDN Gabahan Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran, diantaranya keterampilan guru rendah, aktivitas siswa rendah, dan hasil belajar siswa kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila juga rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan penggunaan alat peraga kantong ajaib doraemon dalam kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan kantong ajaib doraemon.Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing- masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas I SDN Gabahan Semarang. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Simpulan penelitian ini adalah penerapan kantong ajaib doraemon dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila kelas I SDN Gabahan Semarang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aryani, Kusuma Ine dan Markum Susatim. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan berbasis nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.

Farida, Dyan. (2017). Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon dengan Model Omeake untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Siswa kelas V SDN Suko Anyar Malang. Universitas Negeri Semarang,

https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1378, diunduh di Semarang, 15 September 2018.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1378

Solihatin, Etin. (2013). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara

Winarno.(2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v1i1.1583

Article Metrics

Abstract view : 374 times
PDF - 833 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe