EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MUATAN IPS DI SDN 01 & 02 SENENAN

M. Ikhromul Muslimin, Devita Lucia Putri, Nurul Arum Ramadlon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaraan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 senenan kabupaten jepara pada materi komoditas ekspor Indonesia dan untuk menguji perbedaan antara efektifitas penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPS materi komoditas ekspor Indonesia pada kelompok eksperimen dengan metode konvensional pada kelompok kontrol. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research).. Sempel penelitian ada 30 siswa yaitu, 15 eksperimen dan 15 sebagai kelompok kontrol. Dari uji t yang telah dilakukan pada hasil belajar IPS, dapat diketahui bahwa hasil kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. T hitung  3,469 > T tabel 2,145 dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan kata lain ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara penggunaan model pembelajaran PBL dengan model konvensional  learning untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS materi komoditas ekspor Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 1 Senenan. Tahun Pelajaran 2019.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alfian, dkk. 2015. Efektivitas Pembelajaran Model PBL Menggunakan Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa Kelas VII. Unnes Physics Education Journal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej. ISSN 2252-6935

Astari, Fajar Ayu, Suroso, dan Yustinus. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Discovery learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. . Jurnal basicedu prodi PGSD FIP UPTT 2018. Vol. 2 No. (1) 1-10.

Gustiana, Andri, Nurhayati, dan Budi Mulyanto. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Lubuklinggau

Heller dan Heller. 2010. Pedagogi pemecahan masalah. http://sondangrina.blogspot.com/2013/03/pedagogi-pemecahan-masalah.html diakses 9 mei 2013

Hariyati, Endang, Mardiyana, Budi Usodo. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 1 No. (7) 721-731.

Nestri Indah Wulandari, Astuti Wijayanti, Widodo Budhi. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/538. Vol.13 No.1.

Parasamya, Cut Eka dan Agus Wahyuni. 2017.Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL),” jurnal ilmiah mahasiswa (jim). Vol 2 No. (1) 42–49.

Siswanto, Maridi, dan Marjono. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri Surakarta Tahun 2011/2012.Vol. 4 No. (2) 53-59.

Susanto. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran Kewirausahaan. Universitas Negeri Surabaya.. https://www.koranmuria.com/2015/06/30/6924/banyak-siswa-sd-di-jepara-yang-tinggal-kelas.html

Wijayanti, Ari, dan Taat Wulandari. 2016. Efektivitas Model CTL dan Model PBL terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 3 No. (2) 112-124.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v2i1.1492

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 152 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe