OPTIMALISASI VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Fatia Nur Azizah

Abstract


Era digital semakin menguasai dunia tak terkecuali Indonesia. Pada masa inilah rawan terjadi pemerosotan moral pada generasi bangsa. Untuk menyeimbangkan antara tuntutan zaman era milenial dengan tujuan pendidikan nasional maka pendidikan karakter merupakan hal yang perlu menjadi sorotan utama di Indonesia. Namun pada kenyataannya, pendidikan karakter dirasa belum mencapai hasil yang maksimal dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang efektif adalah dengan Optimalisasi Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal sebagai upaya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Melalui optimalisasi media pembelajaran video berbasis kearifan lokal dapat menumbuhkan karakter kreatif, tanggung jawab, keterbukaan, dan santun. Berdasarkan hasil analisis SWOT menyatakan bahwa video pembelajaran berbasis kearifan lokal efektif untuk diterapkan di sekolah dasar. Metode penulisan dalam karya tulis ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersumber dari buku maupun hasil penelitian yang relevan. Penerapan video pembelajaran berbasis kearifan lokal diharapkan dapat menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila


Keywords


Kearifan Lokal; Nilai-nilai Pancasila, Karakter, Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v1i2.1412

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 320 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe