Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini

Reza Nur Azizah

Abstract


Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal P 

Abstrak : Perkembangan zaman yang terus maju dan arus teknologi yang kian pesat membuat perubahan dalam kehidupan dan aktivitas manusia termasuk anak usia dini. Aktivitas bermain anak bergeser pada dunia digital. Hal ini juga membuat bergesernya aspek budaya pada masa lampau dimana anak-anak hanya mengenal permainan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisonal yang kemudian dapat diajadikan acuan dalam pengelolaan srategi pembelajaran di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan jenis  penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menentukan topik (2) mencari sumber (3) menganalisis sumber (4) mereduksi sumber (5) review sumber (6) Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pekembangan sosial emosional menjadi meningkat dengan melalui permainan tradisonal. Terjadi perubahan pada perkembangan sosial dan emosi pada anak usia dini setelah mereka bermain dengan permainan tradisonal.

Keywords : Sosial Emosional, Permainan Tradisional

Abstrak : The development of the times that continue to advance and the rapid flow of technology makes changes in human life and activities including early childhood. Children's play activities are shifting to the digital world. This also made a shift in the cultural aspect in the past where children only knew traditional games. The purpose of this study is to find out the improvement of social-emotional development through traditional games that can then be used as a reference in the management of learning strategies in PAUD institutions. This research uses library research using a qualitative descriptive approach. Qualitative data analysis is used to analyze the data in this study. The steps used in this study are (1) determining the topic (2) finding the source (3) analyzing the source (4) reducing the source (5) reviewing the source (6) conclusions. The results of this study of social-emotional development become increased through traditional play. There are changes in social and emotional development in early childhood after they play traditional games.

Keywords : Social Emotional, Traditional Games

 


Full Text:

PDF

References


Dini, P. P.-J. P. U., & 2014, undefined. (n.d.). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Media.Neliti.Com. Retrieved January 7, 2022, from https://media.neliti.com/media/publications/117972-ID-peningkatan-keterampilan-sosial-anak-mel.pdf

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Pendiidkan Anak Usia Dini, 7(1), 195–200.

Khasanah, I., … A. P.-… : J. P. dalam, & 2011, undefined. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Journal.Upgris.Ac.Id, 1(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/261

Kurniawati, Y., Pranoto, S., & Hong, J. J. (2014). Developing Early Childhood’s Character Through Javanese Traditional Game. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 3(1), 68–72. https://doi.org/10.15294/ijeces.v3i1.9477

Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian PAUDIA, 112–132.

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun (Vol. 6, Issue 1).

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2010). Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradisional. PRESCHOOL Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 11–28.

Mulyani Pascasarjana Prodi PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jl Marssda Adisucipto Yogyakarta, N. (n.d.). Perkembangan Emosi dan Sosial Pada Anak Usia Dini. Ejournal.Uinsaizu.Ac.Id. Retrieved January 12, 2022, from http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/1470

Nur Aisyah, E. (2017). Character Building in Early Childhood Through Traditional Games. 128(Icet), 292–294. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.51

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Tk Negeri Pembina 2 Purwokerto. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 39–52. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1963

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). PENGENALAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Syarifah Nur Siregar, Titi Solfitri, Yenita Roza. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 119–128.


Article Metrics

Abstract view : 526 times
PDF - 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Lentera Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda