Peran Lingkungan Keluarga Dalam Membentuk Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di Kelurahan Lakambau Kecamatan Batauga KabupatenButon Selatan

Waode Lusiyana, Ria Safaria Sadif, Sitti Misra Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui “Peran lingkungan Keluarga Dalam Membentuk Perilaku Prososial Anak Usia Dini  Kelurahan Lakambau Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan”!. Jenis penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mempelajari permasalahan yang ada dan prosedur kerja yang berlaku. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi saat ini. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga. Hasil penelitian dan hasil pembahasan dapat diketahui bahwa peran keluarga dalam membentuk perilaku prososial anak usia dini di Kelurahan Lakambau Kecamatan Batuaga Kabupaten Buton Selatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil data yang diperoleh di lingkungan Batuatas bahwa peran keluarga dengan memberikan keteladanan, motivasi, rasa aman/perlindungan dan pengawasan yang terus menerus dapat membentuk perilaku prososial anak usia dini. pembentukan perilaku prososial seperti menunjukkan semangat, mentaati aturan main yang berlaku dan menunjukkan empati sudah mulai berkembang sesuai harapan dan cukup meningkat.

Kata kunci : peran keluarga, perilaku prososial


Full Text:

PDF

References


Aditya, I. G., Haris, I. A., & Indrayani, L. (n.d.). Pengaruh Partisipasi Orang Tua Dalam Mendidik Di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 10.

Ardiyanto, H., & Fajaruddin, S. (2019). Tinjauan atas artikel penelitian dan pengembangan pendidikan di Jurnal Keolahragaan.

https://www.researchgate.net/publication/331825668

Christanto, F. A., Susilo, T. D., & Windrawanto, Y. (n.d.). Effect of self-confidence on high school student’s social adjustment. 5.

Dianita, S., & Arifin, I. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. 7.doi.10.31004/obsesi.v4i2.402

Hajrah, K., & Syafril. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Pemerintah Membuka Area Pertambangan Emas di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. JISIP, 1, 143–145.

Hanggara Budi Utomo, F., & Linda Dwiyanti. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jpp Paud Fkip Untirta, 7. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index

hulukatil, wenny. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anakw. 7, 265–282.

Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, M., & Hartati, H. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737

Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal

Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 sssTahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2015.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Sigit Purnama, L. H. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–542. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.391

Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987–1996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.775

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26


Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Lentera Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda