PERAN KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK KANAK

Dwi Rahmanatasari, Parwoto Parwoto, Azizah Amal, Syamsuardi Saodi

Abstract


Penelitian inimengkajitentang peran komunikasi verbal dalam penanaman akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi verbal yang dilakukan oleh guru terhadap penanaman akhlak anak di Taman Kanak-kanak Pusat Padu Ulul Azmi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi verbal yang dilakukan oleh guru dalam penanaman akhlak anak di Taman Kanak-kanak Pusat Padu Ulul Azmi, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang anak, dan 2 guru yang mengajar di kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlak anak usia dini digolongkan berhasil hal ini dibuktikan dengan perilaku sopan dan peduili anak serta mau menolong orangtua, pendidik dan temannya. Perilaku Akhlak anak yang berubah menjadi baik, semua dengan latihan dan proses pemberian komunikasi verbal secara lisan dengan menggunakan metode bercerita dan bercakap-cakap yang diberikan oleh guru di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdul Malik. 2009. Pendidikan Agama Islam.Makassar: Badan penerbit Universitas Negri Makassar.

Abuddin Nata. 2001. Filsafat pendidikan islam. Jakarta: Logos wacana ilmu

Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi pendidikan & pengajaran (Teori dan Praktik).Yogyakarta: CAPS

Aminah, Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Akhlak Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Melalui Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audiovisual di PAUD Al- Kamal Laut Dendang. Jurnal Ansiru. Vol. 1. No. 1.

Azra, A., 2000. Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa. Makal. Dalam Konvensi Nas. Pendidik. Tahun. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ed. 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Ilmu Komunikasi 1.Bandung: Cv. Yrama Widya

Dacholfany Ihsan, 2018. Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Jakarta: Amzah.

Deddy, Mulyana. 2005. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dwihartanti, Muslikhah. 2004. Komunikasi Efektif. Artikel Penyuluhan.

Harapan, Edi & Ahmad, Syarwani. 2016. Komunikasi antarpribadi (Perilaku insani dalam organisasi pendidik. Jakarta: Rajawali.

Hajerah, H. 2019. Analisis kemampuan menyimak dan berbicara anak melalui penerapan metode bercerita di taman kanak-kanak (Tk)Pertiwi DWP SETDA Prof Sulsel. Pembelajaran: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 3, 43-51.

Ibrani, Jamal Syarif . 2004. Mengenal Islam. Jakarta: el-kahfi.

Inah, E.N. 2015. Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-Tadib 8, 150-167.

Itadz. 2008. Komunikasi Verbal dan Non-Verbal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghony, Vardiansyah. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi, Jakarta: Pt Indeks.

Kemendikbud. 2014. Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia No 146 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi pengembangan bahasa pada anak. Rawamangun: Kencana.

Mahjuddin. 2003. Konsep dasar pendidikan akhlak. Jakarta : Kalam Mulia

Mansur, Zainuddin. 2007. Pendidikan agama islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Masna. Kubra. 2019. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Penanaman Nilai Moral di Tk Pertiwi. Makassar:UNM.

Masturi. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Miles. 2014. Komunikasi Antar Manusia.Jakarta: Professional Book.

Mufarohah, L., Mujahidin, E,. Alim, A., 2018. 12 Pendidikan akhlak untuk anak usia dini. Pros. Bimbing. Konseling 98-104

Muhammad, Arni. 2000. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumu Aksara.

Murdiono, Mukhamad. 2010. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Umy.

Nata, Abuddin. 2002. Akhlak Tasawuf. Cetakan . 4 Jakarta : OT Raja Grafindo Persada.

Ndraha, Roswitha. 2013. Mendisiplinkan Anak dengan cerita. Yogyakarta: Andi.

Noor, J,. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah.Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Nofrion. 2018. Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori Dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran. Ed,. 1 Jakarta : Prenadamedia Group.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Jalaluddin. Rahmat. 2000. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rohayati, E., 2011. Pemikiran al-Ghazali tentang pendidikan Akhlak. Tadib J. Islam. Educ J. Pendidikan Islam 16, 93-112

Sabri, Yazid. 2013. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ed. 2. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Saam, Arifin. 2014. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumu Aksara.

Setyawati, I,. 2008 Peran Komunikasi Massa Dalam Perubahan Budaya Dan Perilaku Masyarakat, Fokus ekon 2 3. Bandung: Elfabeta

Senjaya. 2015. Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sjarkawi, 2008. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Solihin, Suyadi. 2004. Filsafat Pendidikan Akhlak. Bandung: Pustaka Amami.

Susanto, Ahmad. 2014.Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Ed. 1. Jakarta: Prenada Media Group.

Suryadarma, Y., Haq, A.H 2015. Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali- Tadib 10.

Sugiyono 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Elfabeta.

Widjaya, wisman. 2008. Komunikasi dalam dunia Pendidikan. Juma Nomosleca Vol. 3 No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 334 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Lentera Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda