Penerapan Metode Bercerita Dalam Optimalisasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 02 Tenggarong.

Fachrul Rozie, Rina Ayu Marcela

Abstract


This study aims to describe the method of storytelling in optimizing receptive language skills. This study uses a qualitative research approach with a type of case study research.The results of the study show that in (1) planning the storytelling method, the teacher prepares RPPM and RPPH, the teacher adjusts the story to the theme to be discussed, determines the form or technique of storytelling, determines and prepares materials and tools to be used when telling stories according to the techniques set, and adjust the sitting position of the child before starting the story telling activity. (2) The implementation of storytelling activities is that the teacher implements a storytelling method according to the stages of storytelling, and the techniques used by the teacher when telling stories are different in each center. (3) The development of receptive language skills of children aged 5-6 years in 02 Tenggarong State Kindergarten have reached the expected criteria. The development of receptive language skills in children is developed in accordance with the indicators of its development, through activities designed so that children can reach the standard level of achievement of child development.


Full Text:

PDF

References


Amini, Mukti, dkk. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhim, S. Abdul. 2011. Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Depok: Gema Insani Press.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa.Jakarta: Universitas Terbuka.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdikbud, 1996, Didaktik/Metode Umum Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Pedoman Penerapan Pendekatan BCCT Dalam Pendidikan Usia Dini, Jakarta : Depdiknas.

Guslinda, Rita Kurnia. 2018. Media, Sumber Belajar & APE, Surabaya: Jakad Publishing).

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Madyawati, Lilis. 2016. Stratergi Pengembangan Bahasa Pada Anak.Jakarta: Prenadamedia Group.

Moedzakir, M. Djauzi. 2010. Desain dan Model Penelitian Kualitatif (Biografi, fenomenologi, Teori Grounded, dan Studi Kasus). Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaKerya.

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar Paud.Jogjakarta: Laksana.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

_______. 2014. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita, Evlin, dkk. 2013. “Pengaruh Metode Bercerita Buku Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tadika Puri Pekanbaru”, e-Journal Universitas Riau Vol.1.

https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/9233/8898 (diakses: 23-10-2018, pukul 20:31)

Nur’aini, Farida. 2009. Ma… Dongengin Aku Yuuk!.Surakarta: Afra Publishing.

Nuriani, Ni Wayan, dkk. 2014. “Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Tk Barunawati”. e-Journal, Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4.

https://media.neliti.com/media/publications/123317-ID-efektivitas-metode-bercerita-dengan-alat.pdf (diakses: 23-10-2018, pukul 20:09).

Pentiernitasari, Eka. 2014. “Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Ra Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat”. Skripsi, Universitas Jambi. http://repository.unja.ac.id/2130/1/artikel.pdf (diakses: 23-10-2018, pukul 20:15).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 1.

http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf (diakses: 23-03-2017, pukul 16:00).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 36.

http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf (diakses: 23-03-2017, pukul 16:35).

Rahardjo, Budi. 2009. Optimalisasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK dan Keluarga At’taqwa Rawamangun Jakarta Selatan. Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Rahmawati, Desi 2017. “Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Persatuan Palas Lampung Selatan”.Skripsi, Universitas Lampung.

http://digilib.unila.ac.id/29147/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf(diakses: 23-10-2018, pukul 20:03)

Rahmita, Wirda. 2018. “Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Big Book Untuk Mengembangkan KemampuanBerbahasa Anak Usia Dini Di Paud Ibnu Sina Beurabung Aceh Besar”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

https://repository.ar-raniry.ac.id/4704/1/Wirda%20Rahmita.pdf (diakses: 23-10-2018, pukul 20:12)

Rohani, Ahmad, dkk. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1.

https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf (diakses: 11-10-2018, pukul 20:13)

Yusuf, Syamsu, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: Rajawali.

Yuwono, Joko. 2009. Memahami Anak Autistik, Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 571 times
PDF - 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Lentera Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda