DESAIN EXPERIENTAL: MEMBANGUN HUBUNGAN EMOSIONAL ANTARA MEREK DAN KONSUMEN, STUDI KASUS SEKUENSIAL EKSPLANATORI KECAP BANGO

Eko Darmawanto

Abstract


Desain experiential telah menjadi pendekatan yang semakin mendominasi dalam strategi pemasaran, menempatkan pengalaman konsumen sebagai fokus utama untuk membangun hubungan emosional yang lebih dalam antara merek dan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menggali latar belakang dan implikasi dari penerapan desain experiential dalam konteks pemasaran serta menjelaskan bagaimana desain ini dapat berperan sebagai katalisator untuk membangun ikatan emosional yang kuat.Studi ini menggunakan metode penelitian sekuensial eksplanatori, mengintegrasikan analisis studi kasus merek terkemuka (bango) yang berhasil menerapkan desain experiential dengan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur pengalaman konsumen dan memahami dampaknya terhadap hubungan emosional.

Fokus penelitian mencakup elemen-elemen desain yang mempengaruhi pengalaman konsumen, integrasi nilai dan identitas merek, psikologi pengalaman konsumen, dan evaluasi dampak jangka panjang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain experiential yang sukses tidak hanya menciptakan pengalaman visual yang menarik, tetapi juga merangkul unsur-unsur sensorial, emosional, dan interaktif yang mendalam. Integrasi nilai dan identitas merek menjadi kunci dalam membangun kesinambungan dan konsistensi dalam hubungan emosional. Psikologi pengalaman konsumen memainkan peran penting dalam menangkap dan memahami respons emosional konsumen terhadap desain.

Evaluasi dampak jangka panjang menunjukkan bahwa desain experiential dapat menjadi pendorong utama retensi pelanggan, loyalitas merek, dan dukungan pelanggan yang berkelanjutan.Temuan ini memberikan kontribusi signifikan untuk pemahaman lebih dalam tentang bagaimana desain experiential dapat digunakan sebagai alat efektif untuk membangun hubungan emosional antara merek dan konsumen. Implikasi praktis dari penelitian ini melibatkan penerapan strategi pemasaran yang lebih terfokus pada pengalaman konsumen, memastikan konsistensi dengan nilai merek, dan memahami dinamika psikologis yang mendasari hubungan emosional yang kuat.


Keywords


Desain Experiential, Emosional, Konsumen, Merek

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Darmawanto, E. (2019). TIPOGRAFI: Dasar-dasar Karakter Huruf. UNISNU PRESS.

Johnson, R. B., & Onwuegbuzie, A. J. (2004). Mixed methods research: A research paradigm whose time has come. Educational researcher, 33(7), 14-26

Kotler, P. (1994). Reconceptualizing marketing: an interview with Philip Kotler. European Management Journal, 12(4), 353-361.

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Onwuegbuzie, A. J., Leech, N. L., & Collins, K. M. (2012). Qualitative analysis techniques for the review of the literature. Qualitative Report, 17, 56.

Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (2011). The experience economy. Harvard Business Press.

Schmitt, B. (1999). Experiential marketing. Journal of marketing management, 15(1-3), 53-67.

Solis, B., & Breakenridge, D. K. (2009). Putting the public back in public relations: How social media is reinventing the aging business of PR. Ft Press.

Sebastian, Y. (2010). Oh my goodness: buku pintar seorang crerative junkies. PT Gramedia Pustaka Utama.

Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2006). A general typology of research designs featuring mixed methods. Research in the Schools, 13(1), 12-28.




DOI: https://doi.org/10.34001/jsuluh.v6i2.6375

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


robopragmaakun pro jepangsantuy4dkkn777data chinaslot pulsahttps://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/akun pro kambojapaito warna sgpslot deposit pulsasantuy4dslot gacor 777prediksi hkslot pulsatogel sgphttps://disnakbun.rokanhulukab.go.id/togelsini/macaukece/https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagiterbaru/https://karir.ittelkom-sby.ac.id/stocks/https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagigacor/https://el.ubharajaya.ac.id/lib/okegacor/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/course/slot777/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobadana/https://sandbox.telkomuniversity.ac.id/jobe/depopulsa/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobahong/slot gacorbet88https://pendaftaran.yasporbi.sch.id/https://pajak.bpkad.jatengprov.go.id/assets/vipthailand/https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/malamini/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/

web
statistics View My Stats

Creative Commons License

Suluh: Jurnal Seni Desain dan Budaya is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Currently this Journal is Indexed 

robopragmaslot server thailandakun pro jepangslot gacor malam inihttps://fisip.unila.ac.id/wp-includes/customize/sv388-ayam/santuy4dkkn777data chinaslot gacor hari iniidnslothttps://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/data-japan/bokep jepang

by

1 Google Scholar3 Garuda5 BASeOne Search