Strategi Pencapaian Kompetensi Program Keahlian Kriya Kayu
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan materi dan metode yang digunakan dalam kependidikan dan kepelatihan Tugas Akhir yang dicapai peserta didik Kria Kayu melalui Diklat.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data diutamakan melalui pengamatan, wawancara, serta dukumentasi. Instrumen adalah peneliti sendiri dengan membawa kisi-kisi yang berkaitan dengan materi, metode, dan hasil Diklat TA. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi kependidikan dan kepelatihan lebih mengutamakan penampilan kinerja (performance). Peserta didik ditugaskan untuk membuat produk yang berorientasi pasar bertujuan untuk mendapatkan kompetensi keahlian khas DU/DI. Pengembangan materi pelatihan diperoleh dari desain peserta didik, mengerjakan barang pesanan, meniru produk jadi, dan mengerjakan desain milik guru. Agar peserta didik dapat menguasai kompetensi maka metode pokok yang dipakai adalah kerja mandiri dengan pola pembimbingan. Dari karya DU/DI dapat menilai bahwa peserta didik mampu menjadi tamatan yang berkompeten masuk di perusahaan kria kayu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badudu, J.S., Prof. Dr. dan Zain, S.M., Prof. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka sinar Harapan
-------------, (1993), Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (Landasan, Program dan Pengembangan). Jakarta
-------------, (1997a). Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan, Buku II (adaptif, produktif), Program Studi Kria Kayu. Jakarta
-------------, (1997b), Pedoman Pelaksanaan Kurikulum (pola Broad Based), Buku III. Jakarta
-------------, (2000). Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan, Buku II (produktif) Program Keahlian Kriya Kayu. Jakarta
-------------, (1999). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. (Buku III). Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Panduan Penerbitan Sertifikat Kompetensi melalui Ujian Kompetensi Produktif pada SMK Tahun 2002. Jakarta : Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Panduan Penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional pada SMK Tahun Pelajaran 2001/2002 (Normatif, Adaptif, dan Produktif). Jakarta : Depdiknas
MPRRI, (2001). Perubahan Ketetapan MPR RI dalam Sidang Tahunan 2001. Jakarta
Mujiono, (2000). Implementasi Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah menengah Kejuruan di Propinsi Daerah Istemewa Yogyakarta. Tesis S 2. Yogyakarta : PPS UNY
Nolker, H. dan Schoenfeldt, E. (1988). Pendidikan Kejuruan. Jakarta: PT. Gramedia
Salim, P. dan Salim Y. (1991). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, edisi pertama. Jakarta : Modern English Press
Soeharto, (1988). Desain Instruksional Sebuah Pendekatan Praktis untuk Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta : Dikti
DOI: https://doi.org/10.34001/jsuluh.v6i1.4871
Article Metrics
Abstract view : 145 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Suluh: Jurnal Seni Desain dan Budaya is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed
by