Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing

Mohammad Daibul Khoir, Noor Arifin, Eko Nur Fu'ad

Abstract


Pemasaran merupakan bagian mutlak dari suatu individu, organisasi nirlaba maupun organisasi profit. Lembaga kursus sebagai salah satu organisasi nirlaba yang memerlukan strategi pemasaran khusus untuk meningkatkan kepuasan peserta dan pihak lainnya. Strategi tersebut berhubungan dengan kemampuan lembaga untuk bertahan di situasi persaingan ketat antar-lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat). Satu konsep penelitian didesain untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh lembaga diklat. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Jenggala Course Jepara dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memperoleh data dari objek penelitian. Data tersebut divalidasi dengan metode triangulasi dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasilnya menunjukkan bahwa proses perumusan strategi pemasaran didasarkan pertimbangan berbagai aspek, yaitu jasa yang ditawarkan, lokasi, pengajar dan staf, proses dan bukti belajar-mengajar, kurikulum, sarana dan prasarana, unit sasaran, dan taktikal strategi pemasaran. Dalam penerapannya, ada beberapa strategi yang telah dilakukan LPK untuk memasarkan lembaga antara lain presentasi ke sekolah, mensponsori event, menjalin kerjasama dengan lembaga lain, pelayanan prima, spanduk, brosur, memberikan beasiswa, diklat khusus, bakti sosial, serta company profile. Strategi-strategi pemasaran tersebut berhasil membangun kepercayaan publik, menarik minat dan perhatian publik, meningkatkan antusiasme publik, serta menumbuhkan kesadaran akan kegunaan jasa yang dipromosikan.

Keywords


daya saing; pendidikan dan pelatihan; pemasaran jasa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 723 times
PDF - 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats