NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM PERSPEKTIF QUR’AN DAN HADIS

Nurul Azizah, Nurchamidah Nurchamidah, Ana Rahmawati

Abstract


Tasawuf sebagai sebuah wacana, dewasa ini telah menyedot perhatian besar kaum Muslim, termasuk dunia pendidikan. Misalnya, semakin banyaknya buku yang membahas tasawuf di sejumlah perpustakaan. Tasawuf dalam pembentukannya adalah manifestasi akhlak atau keagamaan. Moral keagamaan ini banyak disinggung dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Penelitian ini berusaha mengungkap nilai-nilai Pendidikan tasawuf dalam al-Qur’an dan hadis. Metode penelitian dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Penelitian kepustakaan melalui penelitian kepustakaan berbasis kepustakaan, yaitu sumber utama berupa data perpustakaan berupa buku, manuskrip, buku, dan sumber lain berupa dokumentasi lainnya berkaitan dengan nilai-nilai Pendidikan tasawuf dalam Qur’an hadis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tasawuf mengajarkan kezuhudan terhadap dunia dan penyerahan diri sepenuhnya hanya kepada Allah semata dan menjadikan-Nya kecintaan tertinggi di atas segala cinta. Nilai-nilai tasawuf yang tersurat dan tersirat dalam Al-Qur'an dan hadis itulah yang menjadi dalil utama keberadaan tasawuf di jagat Allah ini. Di antara nilai-nilai Pendidikan tasawuf yakni: zuhud, pendekatan diri pada Allah, sabar, ridho, dan lain sebagainya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i1.5661

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: