Evaluasi program tahfidzul Al-qur’an di pondok pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

Ahmad Bahrudin Azis, Suhirman Suhirman, Nurlali Nurlali

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pembelajaran Tahfidz Al-Quran menggunakan model evaluasi CIPP pada Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi menggunakan metode CIPP. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1)‘’Evaluasi konteks (context) pada program pembelajaran Tahfiz di Pondok Pesantren Makrifatul ilmi Bengkulu Selatan ini dilakukan untuk melihat pertimbangan kontekstual. Beberapa pertimbangan kontekstual tersebut, yaitu: SK Yayasan Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Evaluasi masukan (input evaluation) terfokus pada analisis kurikulum, prosedur pelaksanaan dan saran prasarana alat pendukung. Kurikulum Tahfiz pada Pondok Pesantren Makrifatul ilmi Bengkulu Selatan yang berlaku saat ini merupakan kurikulum yang telah dibuat oleh pondok pesantren. Evaluasi proses (process evaluation) beberapa yang telah terimplementasi yaitu bahwa pada awal pembelajaran Tahfiz santri telah memperoleh informasi mengenai target hafalan Al-Qur’an yang harus diselesaikan dalam satu semester. Evaluasi produk (product evaluation) pada program pembelajaran Tahfiz di Pondok Pesantren Makrifatul ilmi Bengkulu Selatan menghasilkan produk ysng baik. Bahwa telah terselenggaranya program pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Tetapi tentunya keberhasilan program pembelajaran Tahfiz tersebut belum sepenuhnya dapat dicapai. Hal ini dapat terlihat dari kualitas bacaan dan hafalan santri Pondok Pesantren Makrifatul ilmi Bengkulu Selatan yang masih perlu ditingkatkan lagi kualitasnya, tidak hanya sekedar mengejar target hafalan 1-30 Juz, tetapi tentunya kualitas bacaan juga harus baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid dan makharijul hurufnya. Kemudian faktor-faktor yang menjadi alasan pentingnya diselenggarakannya program pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an pada Pondok Pesantren Makrifatul ilmi Bengkulu Selatan ialah, pertama; pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an merupakan bentuk upaya peningkatan kualitas pribadi dan peran sosial kemasyarakatan bagi santri, kedua; pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Makrifatul ilmi Bengkulu Selatan merupakan bentuk aplikatif dari syi’ar agama islam, ketiga; pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an sebagai bentuk pembiasaan dan penanaman nilai akhlak dan karakter mahasiswa’’

Keywords


Evaluasi; Tahfidzul Al-Qur’an; CIPP

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2018). Pemikiran Tentang Pendidikan Pesantren. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam, 5(2), 48–70.

Faizin, I. (2021). Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP. Jurnal Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 99–118.

Fazil, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2(1), 85–103. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i1.29

Hajaroh, M. (2019). POHON TEORI EVALUASI KEBIJAKAN DAN PROGRAM (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Iwan, A. (2019). IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QURAN. 4(1), 55–64. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281

Kusmiran Husti, I. N. (2022). Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal dalam Desain Hadits Tarbawi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 485–492. https://jpion.org/index.php/jpi485Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Mais, R., & Liando, Daud, F. (2019). Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Reward dan Punishment Aparatur Sipil Negara di Kota Bitung Ririn. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/103420-ID-pengaruh-aksesoris-dan-elemen-pembentuk.pdf

Mufid, M. (2020). Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’an di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Quality, 8(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.6908

Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 186–199. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

Nurhayani, & Yaswinda. (2020). Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/1116/839

Rohman, T. (2020). Konsep Evaluasi Program Pendidikan Islam. Jurnal Literasiologi, 3(3), 46–57. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i3.103

Sara Sirait, G., & Simamora. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab IV Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH), 1(1), 82–88.

Syaadah, Hady, S., & Fauziah, S. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i1.5561

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: