Fashion Sebagai Simbol Komunikasi Komunitas Punk Cilamaya

Dinny Indhikri Az'zahra, Rajendra Walad Jihad

Abstract


Komunitas Punk Cilamaya memiliki gaya berpakaian (fashion) yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Fashion punk yang digunakan oleh Komunitas Punk Cilamaya seringkali disalahpahami dan dinilai negatif oleh masyarakat sekitar. Padahal dari fashion funk tersebut terdapat pesan atau makna mendalam yang ingin dikomunikasikan oleh Komunitas Punk Cilamaya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemaknaan fashion punk oleh Komunitas Punk Cilamaya serta bagaimana dampak yang mereka rasakan dari penggunaan fashion punk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fashion punk yakni rambut mohawk, celana jeans ketat, sepatu boots, tato, tindik, dan rantai yang biasa digunakan oleh Komunitas Punk Cilamaya memiliki makna perlawanan, kebebasan, ekspresi diri, dan solidaritas. Fashion punk tersebut adalah simbol komunikasi non verbal yang mereka gunakan untuk menyuarakan pandangan yang mereka pahami kepada khalayak. Adapun dampak positif yang dirasakan oleh Komunitas Punk Cilamaya dari penggunaan fashion punk tersebut yaitu bebas mengekspresikan diri, identifikasi dan solidaritas, serta menjadi lebih kuat dalam menjalani kehidupan. Sedangkan dampak negatifnya yaitu mendapat pandangan buruk dari masyarakat dan terasingkan dalam kehidupan sosial.


Keywords


Fashion; Punk; Komunikasi; Makna; Komunitas Punk Cilamaya

Full Text:

PDF

References


Agger, B. (2014). Teori Sosial Kritis.Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Barnard, M. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Berek, D. I. P. (2014). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sub Budaya (Kajian Fenomenologis Terhadap Komunitas Street Punk Semarang). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.3.1.56-66.

Bestari, D., & Welly, W. (2016). Konstruksi Makna Punk Bagi Anggota Komunitas Punk di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2), 9. http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFISIP/article/view/11060.

Ferdiyanto, R. R., & Lestari, S. B. (2021). Fashion Sebagai Identitas Pada Komunitas Punk di Semarang. Interaksi Online, 9(2), 3. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/download/30212/25097.

Ibrahim, I. S. (2006). Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Karim, H. A. (2021). Potret Kehidupan Komunitas Punk (Studi Kasus Anak Punk di Lapangan Samber Kota Metro). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 3(1), 99. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/jbpi.v3i1.3269.

Lestari, S. B. (2014). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sosial di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(3), 225–238. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/ragam/article/view/514/439.

Setyanto, D. W. (2015). Makna dan Ideologi Punk. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 01(02), 54. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/download/964/730.

Sukma, H. A. R. (2022). Fashion Sebagai Kritik Sosial (Analisis Semiotika Pada Komunitas Punk Surabaya). Jurnal Sintesa, 1(02), 13. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/sintesa.v1i2.8184.

Syarafa, D. A., Sari, E. V., & Adhrianti, L. (2020). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sosial Mahasiswa FISIP Universitas Bengkulu. Jurnal Kaganga, 4(2), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.2.20-29.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i2.5770

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 109 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref