FRAMING MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN ERAMUSLIM.COM DALAM BERITA PENENDANGAN SESAJEN DI GUNUNG SEMERU

Sintia Hariani Wirianti

Abstract


The case of kicking offerings that occurred after the eruption of Mount Semeru in Lumajang, East Java in February 2022, drew pros and cons from many parties. This condition is exploited by the media to frame and construct events by highlighting certain aspects considered important by the media. The object of this research is the online media Kompas.com and Eramuslim.com as the media that most cover this event. The important aspects of this research are news writing, symbol placement in news and event placement. This study uses the Gamson and Modigliani framing model with the theory of Social Reality Construction by Petter L. Berger. The results of the study show that on Kompas.com media, news writing frames a lot of statements by figures who have legitimacy in society, symbols in the news use pictures and words to emphasize events, and discuss a lot of chronology as the main issue. Meanwhile Eramuslim.com frames a lot of positive images of perpetrators by providing symbols in the form of words and parables and rules out the use of images to support news visualization. The chronology of events is placed in the position of explaining the news with lots of historical exposure and stories from previous Islamic figures as a form of justification for the events.


 

Isu penendangan sesajen yang terjadi pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur pada Februari 2022, menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Kondisi ini dimanfaatkan oleh media untuk membingkai dan membangun peristiwa dengan menyoroti aspek tertentu yang dianggap penting oleh media. Objek penelitian ini adalah media online Kompas.com dan Eramuslim.com sebagai media yang paling banyak meliput peristiwa ini. Aspek penting dari penelitian ini adalah penulisan berita, penempatan simbol dalam berita, dan penempatan peristiwa. Penelitian ini menggunakan model pembingkaian Gamson dan Modigliani dengan teori Konstruksi Realitas Sosial oleh Petter L. Berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Kompas.com, penulisan berita membingkai banyak pernyataan oleh tokoh yang memiliki legitimasi di masyarakat, simbol dalam berita menggunakan gambar dan kata-kata untuk menekankan peristiwa, dan membahas banyak kronologi sebagai isu utama. Sementara itu, Eramuslim.com membingkai banyak gambaran positif pelaku dengan menampilkan simbol berupa kata-kata dan perumpamaan serta mengesampingkan penggunaan gambar untuk mendukung visualisasi berita. Kronologi peristiwa ditempatkan dalam posisi penjelas berita dengan banyak paparan sejarah dan kisah dari tokoh-tokoh Islam terdahulu sebagai bentuk pembenaran atas peristiwa dalam berita.


Full Text:

PDF

References


Agus, Bustanuddin. (2005). Agama Dalam Kehidupan Manusia. Pengantar Antropologi Agama. Raja Grafindo Persada.

Ayatullah, H. (2021). Sesajen. LP2M Uin Sulthan Maulana Hasanuddin.

Bungin, B. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana Prenadamedia Group.

Bungin, B. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Petter L. Breger & Thomas Luckmann. Kencana Prenadamedia Group.

Chanafi, A. (2011). Peran Jurnalisme warga dalam www.eramuslim.com, UIN Syarif Hidayatullah (p. 29). UIN Syarif Hidayatullah.

Dosi, E. (2012). Media Massa Dalam Jaringan Kekuasaan. Ledalero.

Durkheim, E. (1995). The Elementary Forms of Religion Life. The Free Press.

Endraswara, S. (2011). Kebatinan Jawa dan Jagad Mistik Kejawen. Lembu Jawa.

Eriyanto. (2022). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. LkiS Yogyakarta.

Gamson, W. A. (1996). Media Discourse as A Framing Resource terjemahan Ann N. Crigler. The University of Michigan Press.

Hazeu, G. A. . (1979). Kawruh Asalipun Ringgit Sarta Gegepokanipun Kaliya Agami ing Jaman Kina Terjemahan Hardjana HP. Departemen P dan K.

Ishwara, L. (2002). Catatan-catatan: Jurnalisme Dasar. PT. Kompas Media Nusantara.

Jumroni. (2006). Metode-metode Penelitian Komunikasi. UIN Jakarta Press.

Kamil, F. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Tiga Tahun Jokowi-JK Pada Republika Online (p. 3). UIN syarif Hidayatullah.

Kasimin, A. (1991). Agama dan Perubahan Sosial. Dewan Bahasa dan Pustaka.

Kasman, S. (2020). Pers dan Pencitraan Umat Islam di Indonesia. Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Koentjaraningrat. (1992). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Dian Rakyat.

MC, W. G. (2010). Sajen dan Ritual Orang Jawa. Narasi.

Ndraha, T. (1997). Budaya Organisasi. PT Rineka Cipta.

Ruslan, R. (2003). Metodologi Penelitian Publik Relation dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Sefrianita, R. (2011). Peranan Situs www.eramuslim.com dalam menyosialisasikan nilai-nilai keislaman (p. 10). UIN Syarif Hidayatullah.

Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suhaemi, J. &. (2006). Metode-metode Penelitian Komunikasi. UIN syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i2.5215

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 94 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref