Konvergensi Media (Analisis Transformasi Media konvensional dalam Perspektif Ekonomi Kritis)

Millatul Mardhiyyah

Abstract


Massifnya perkembangan teknologi informasi dan persaingan media membuat media surat kabar di Indonesia melakukan berbagai tranformasi dan mediamorfosis. Salah satu bentuk transformasi dan mediamorfosis yang dilakukan media adalah melakukan konvergensi media yang meliputi konvergensi ekonomi, konvergensi teknologi, konvergensi sosial, konvergensi budaya, dan konvergensi global. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konvergensi media yang dilakukan oleh surat kabar Tempo, Kompas, dan Republika. Metode penelitian yang digunakan adalah library research menggunakan pendekatan deskriptif komparatif . Hasil penelitian menunjukkan ketiga media surat kabar tersebut melakukan kelima konvergensi tersebut dengan karakteristiknya masing-masing. Tempo dan Kompas masih mempertahankan bentuk media cetak yang bersifat terbatas dan fokus pada pengembangan platform digital, sedangkan Republika sudah menghilangkan media versi cetak dan beralih ke versi digital. Dalam konvergensi yang lain, ketiganya juga melakukan konvergensi budaya berupa mengembangkan media elektronik tv, konvergensi ekonomi berupa periklanan yang lebih terbuka, konvergensi sosial dengan merambah semua usia sebagai pembacanya, dan konvergensi global berupa media yang bisa diakses oleh kapanpun, dimanapaun, dan oleh siapapun.


Keywords


konvergensi media, mediamorfosis, transformasi media, kebijakan pengembangan media

Full Text:

PDF

References


buku/karangan ilmiah:

Denis McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa (P. I. Izzati (ed.)). Jakarta: Salemba Humanika.

Dwyer, T. (2010). Media Convergence. UK: McGraw Hill Open University Press.

Fidler, R. (1997). Mediamorphosis: Understanding New Media. California: Pine Forge Press.

Friedrichsen, M., & Kamalipour, Y. (2017). Digital Transformation in Journalism and News Media: Media Management, Media Convergence and Globalization. Berlin: Springer.

Gordon, R. (2003). Digital Journalism Emerging Media and The Changing Horizons of Journalism. USA: Rowman & Littlefield Publishers.

Haryanto, Ignatius. 2014. Jurnalisme Era Digital: Tantangan Industri Media Abad 21. Jakarta: kompas.

Hidayat, D. N. (2000). Pers dalam Revolusi Mei Runtuhnya Sebuah Hegemoni. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture; Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Leah A. Lievrouw, & Livingstone, S. (2006). The Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs. London: Sage Publications.

Meyer, P. (2009). The Vanishing Newspaper: Saving Journalism in The Information Age. Missouri: University of Missouri Press.

Pilang, Yasraf A. 2005. Transpolitika, Dinamika Politik Di Dalam Era Virtualitas. Yogayakarta: Jalasutra.

Quinn, Stephen, and Vincent F. Filak. 2005. Convergent Journalism: An Introduction. Burlington: Focal Press.

Sugiya, Aritasius. 2012. “Strategi Transformasi Konvergensi Media.” Jakarta: Universitas Indonesia.

Sularto, S. (2011). Syukur Tiada Akhir. Jakarta: Penerbit Kompas.

Vera, N. (2016). Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

jurnal ilmiah:

Alfani, H. (2017). Tantangan Idealisme Media Di Era Kapitalisme Global. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 80–96.

Ashari, M. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan, 4(Intern Komunika: Jurnal Komunikasi), 4–6.

Fantini, E., & Tamba, R. S. (2020). Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 114–127.

Hasan, K. (2013). Ekonomi Politik Media dan Konvergensi Media. Proceding Seminar Nasional Ekonomi, November, 1–23.

Hutomo, M. S. (2020). Bertahan untuk Hidup: Konvergensi Pers Cetak dalam Industri Digital Media. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 1(1), 30–37.

Maulina, P. (2019). Analisis Kebijakan Perusahaan “Tempo Media Group” Dalam Menghadapi Era Kemajuan Teknologi Informasi Dan Konvergensi Media. Jurnal Public Policy, 4(2), 81–89

Pangaribuan, O. C., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 119–130.

Smythe, Dallas. 1997. “Communication: Blindspot of Western Marxism.” Canadian Journal of Political and Social Theory 1(3).

Suhariyanto, Fanani, F., & Djaya, T. R. (2022). Konvergensi Radio Kartini Fm Jepara Dalam Menghadapi Transformasi Media Baru. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 14(2), 75–84.

Suryawati, I., & Irawan, R. E. (2022). Transformasi Media Cetak Ke Platform Digital (Analisis Mediamorfosis Harian FAJAR Makassar ke FAJAR.co.id). Communication, 13(1), 1.

sumber internet dengan nama penulis:

Fauzan, R. (2020). Belanja Iklan Bakal Naik Hingga 10 Persen Tahun Depan, TV dan Internet Dominan. https://ekonomi.bisnis.com/read/20201216/12/1331867/belanja-iklan-bakal-naik-hingga-10-persen-tahun-depan-tv-dan-internet-dominan. Diunduh pada 15 juni 2023

Iwan Supriyatna, & Djailani, M. F. (2020). Media Cetak Mulai Ditinggalkan, Masyarakat Beralih ke Media Online. https://www.suara.com/bisnis/2020/08/25/181636/media-cetak-mulai-ditinggalkan-masyarakat-beralih-ke-media-online. Diunduh pada 15 juni 2023

Jr, E. C. T. (2018). Singapore Reuters Institute Digital News Report. Digital News Report. https://www.digitalnewsreport.org/survey/2018/singapore-2018/ Diunduh pada 15 juni 2023

Maharani, A. N. (2014). Tempo Siasati Isu Konvergensi Media. Meclub Online Universitas Bakrie. http://mediaclubonline.blogspot.com/2014/10/tempo-siasati-isu-konvergensi-media.html Diunduh pada 18 juni 2023

Tomacruz, S. (2017). FAST FACTS: What you should know about the Inquirer Group. https://www.rappler.com/business/175896-fast-facts-philippine-daily-inquirer-prieto-family/ Diunduh pada 18 juni 2023.

sumber internet tanpa nama penulis:

Republika. (n.d.). Profil Republika Online. https://www.republika.co.id/page/about Diunduh pada 18 juni 2023




DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i2.5177

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 693 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref