ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM BERDAKWAH TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI ZILENIAL: STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN UPI

Amanda Firyal Fauziah, Ganjar Eka Subakti

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat memberikan perubahan kepada beberapa hal salah satunya yaitu hadir media sosial untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan mendapatkan informasi. Pada saat ini, media sosial juga banyak digunakan oleh pendakwah dalam memberikan ilmunya, salah satu dakwah yang banyak ditemukan di media sosial yaitu mengenai moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial dalam berdakwah mengenai moderasi beragama. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada generasi zilenial pada prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran, UPI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media sosial dalam berdakwah dapat membantu generasi zilenial dalam meningkatkan pemahamannya mengenai moderasi beragama.


Keywords


Dakwah; Media Sosial; Moderasi Beragama; Generasi Zilenial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i2.4991

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 111 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref