ANALISIS WACANA PESAN DAKWAH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH 1453 KARYA FELIX Y. SIAUW

Darmawansah Darmawansah

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Wacana Pesan Dakwah dalam Buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix. Y. Siauw.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana wacana pesan dakwah dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix. Y. Siauw. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kajian kepustakaan (library reseach) dengan menggunakan analisis wacana model A. Teun Van Djik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pesan dakwah yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih 1435  karya Felix J. Siauw bab Stairway to Constantinopel (tangga menuju Kontantinopel) adalah pesan aqidah yaitu: Iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Hari Kiamat. Pesan Ibadah yaitu: shalat fadhu dan sunat, membaca al-Qur’an dan berdoa, pesan akhlak yaitu; sabar dan tawakkal. Sedangkan analisis pesan dakwah dengan model Teun Van Djik adalah elemen tematik yakni Stairway to Constantinopel (tangga menuju Kontantinopel). Sedangkan elemen skematiknya menggunakan story dimulai dari Bisyarah Nubuwwah Rasulullah yang menjadi semangat kaum Muslim, sehingga terjadi ekspidisi ke wilayah yang sikuasai oleh bangasa Romawi dan Persia dengan tujuan akhir adalah kota Konstantinopel. Untuk analisis sintaksis kata ganti penulis (komunikator) menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak. Segi stilistic penulis  kata atau bahasa Indonesia yang baku dengan sasaran masyarakat Indonesia seluruhnya.

Keywords


Analisis wacana, pesan, dakwah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Anas, Paradigma Dakwah Kontemporer, Walisongo Press, IAIN walisongo, semarang, 2012.

Alex Sobur, Analisis Teks Media, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014.

Departemen agama RI Al-quran Dan terjemahannya, 2010

Derrida, Jacques. Dekonstruksi Spritual: Merayakan Ragam Wajah Spritual (terj.) Firmansyah Argus. Yoryakarta: Jalasutra, 2002.

Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Frondizi, Risieri. Pengantar Filsafat Nilai (terj.) Cuk Ananta Wijaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Ghani, Zulkiple Abd. Islam, Komunikasi dan Teknologi Maklumat. Selangor: Utusan Publications & Distributors SDN BHD, 2011.

Halim, Abdul El-Muhammady, Dinamika Dakwah Suatu Perspektif dari Zaman Awal Islam hingga Kini, Kuala Lumpur: Budaya Ilmu, 2016.

Hanafi, Abdillah. Memahami Komunikasi Antar Manusia. Surabaya: Usaha Nasional, tt.

Hardjana, Agus M. Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Idris, Malik, Strategi Dakwah Kontemporer, Cet. I; Makassar: Sawah Press, 2017.

Jamilah, Maryam, Islam dalam Kancah Modernisasi, Bandung: NV Tarate, 2017.

Jasiman, Syarah Rasmul Bayan, Surakarta: Aulia Press, 2019

Jurnal SKOLAR Pasca Sarjana UNP, Volume 2 Nomor 2, 2011

Kattsoff, Louis O. Pengantar Filsafat (terj.) Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2012.

Kertas Kerja ”Lokakarya Penyiaran Islam Melalui Media Massa” yang dilaksanakan oleh PPs Program Studi Komunikasi Islam, 9 Desember 2016.

Kholil, Syukur. “Komunikasi dalam Perspektif Islam”, dalam Hasan Asari & Amroeni Drajat (ed.). Antologi Kajian Islam. Bandung: Cita Pustaka Media, 2010.

Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah Yogyakarta: Bentang, 2001.

Kamaluddin Tajibun dan Syafrian, Pesan Dakwah pada Iklan Kosmetik Wardah “Sebuah Kajian Simiotika”, Jurnal Al-Khitabah, Vol. III, No. 1, Juni 2017

Liliweri, Alo. Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung: Mandar Maju, 2014.

Lubis, Nur. A. Fadhil. Pengantar Filsafat Umum. Medan: IAIN Press, 2011.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Moleong, Metodologi Penelitian Kualilatif Bandung: Remaja Rosda Karya, 1997

Muhtadi, Asep Saeful. “Dinamika Komunikasi Nahdhatul Ulama: Studi atas Pembaharuan Politik Nahdhatul Ulama dan Proses Sosialisasinya antara Tahun 1970-1990-an”, dalam Cik Hasan Bisri & Eva Rufaidah, Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial: Himpunan Rencana Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010

Muis, A. Komunikasi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mulyana, Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi, Prinsip-prinsip Analisis Wacana, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2015.

Narwaya, St Tri Guntur. Matinya Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Resist Book, 2016

Noeng Muhadjir, Metodelogi Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Rake Sarasin Edisi III 2011.

Syukur Kholil, Metode Penelitian Komunikasi Bandung: Cita Pustaka Media, 2010

Wahyu Ilaihi, Komunikasi Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Bungin, Burhan. (2008). Sosiologi Komunikasi : Teori dan Paradigma. Jakarta : Kencana

Kuncoro, Mudrajad. (2010). Ekonomika Pembangunan: Masalah, Kebijakan, dan Politik (Edisi.5). Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i1.4805

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 195 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref