SAPAAN “PAPAH MAMAH” KEPADA PENGASUH DI PESANTREN ASY-SYAIBANIY: MODEL STRATEGI KOMUNIKASI ALTERNATIF KEKINIAN
Abstract
Dalam melakukan komunikasi tentu di dalamnya terdapat sapaan untuk memulai pembicaraan. Sapaan yang sering digunakan santri kepada pengasuh di pesantren antara lain kyai, nyai, abah, dan umi. Namun berbeda halnya dengan di Pondok Pesantren Asy-Syaibaniy Karanganyar Kabupaten Pekalongan yang menggunakan sapaan “papah” dan “mamah”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sapaan di pesantren Asy-Syaibaniy dan bagaimana penerapan sapaan tersebut berdasarkan kacamata komunikasi interpersonal. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan, mendalami dan memahami penerapan sapaan kekininan di Pesantren Asy-Syaibaniy. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil riset menunjukkan bahwa sapaan pengasuh pesantren memperngaruhi keeratan hubungan antara pengasuh dan santrinya. Sapaan “Papah” dan “Mamah” kepada pengasuh pesantren merupakan model strategi komunikasi kekinian sebagai wujud penguatan kondisi emosional para santri agar merasa nyaman terbuka kepada pengasuh sehingga dapat meningkatkan motivasi para santri untuk berprestasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afafa, I. G. (2022). Sapaan di Pesantren Asy-Syaibaniy. 9 Februari 2022.
AKBAR, M. R. (2021). Mengenal Sejarah Pesantren di Indonesia. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1519849/mengenal-sejarah-pesantren-di-indonesia/full&view=ok
Ferdinan. (2017). PONDOK PESANTREN DAN CIRI KHAS PERKEMBANGANNYA. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.348
Kusnandar, V. B. (2021). Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam
Marehan, E. (2020). Model Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44–51. https://doi.org/10.47995/jik.v1i1.9
Mubarokah. (2022). Latar Belakang Penggunaan Sapaan “Papah” dan “Mamah” di Pesantren Asy-Syaibaniy. 9 Februari 2022.
Purnama, J. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA GAME ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Pada Pemain Game Mobile Legends Bang Bang Komunitas Surabaya Jancukers Periode 2018). Universitas Mercu Buana Yogyakarta. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/5082/
Putri, R. H. (2020). Pondok Pesantren dan Penyiaran Islam Tertua di Jawa. Historia.Id. https://historia.id/agama/articles/pondok-pesantren-dan-penyiaran-islam-tertua-di-jawa-P3NAd/page/1
Rosmalina, A. (2018). Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Mewujudkan Kesehatan Mental Seseorang. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01), 49–68. https://doi.org/10.24235/prophetic.v1i01.3479
Rufaidah Salam. (2021). Pendidikan di Pesantren dan Madrasah. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(01), h.1-9. https://doi.org/10.26618/iqra
DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i1.4532
Article Metrics
Abstract view : 98 timesPDF - 106 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|