Strategi Promosi Pariwisata: Studi Atas Marketing Public Relation Pantai Ngebum Kendal
Abstract
Industri pariwisata pempunyai kontribusi besar dalam membangun perekonomian Daerah maupun Nasional. Pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah maupun Swasta juga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki aneka ragam pariwisata. Salah satu objek wisata yang menjadi unggulan adalah pariwisata Pantai Ngebum. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang dijalankan oleh BUMDes Moro Bekah sebagai Lembaga Pengelola Pantai Ngebum dalam meningkatkan pengunjung ditengah-tengah persaingan destinasi wisata yang semakin massif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mempertajam analisis, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Marketing Public Relations (MPR) Kotler & Keller. Terdapat beberapa temuan strategi marketing public relations sebagai hasil dari penelitian ini yaitu diseleggarakannya beberapa events yang sifatnya rutin maupun memperingati momen tertentu, publication, news, dan public service activity. Sedangkan untuk sponsorship, speeches dan identity media masih sangat terbatas eksekusinya sehingga perlu dimaksimalkan sebagai komponen strategi promosi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimin, Eddy dkk, 2022, Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern), Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL).
Febriani, Nufian S dan Dewi Wayan, 2018, Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu, Malang: UB Press.
Jefkins, F. - Yadin, D., 2004, Public Relations, Edisi 5, Jakarta: Penerbit Airlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, 15th Edition, New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Morissan, 2010, Teori Komunikasi Massa, Bogor: Ghalia Indonesia.
Muljono, Ryan Kristo, 2018, Digital Marketing Concept: Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Parakkasi, Idris, 2020, Pemasaran Syariah Era Digital, Bogor: Lindan Bestari.
Prasetyo, Febriani dkk, 2018, Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru), Malang: UB Press.
Sari, Anditha A, 2017, Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik, Yogyakarta: Deepublish.
Swastha, Basu dan Irawan. 2009. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.
Tasnim, Sudarso dkk, 2021, Komunikasi Pemasaran, Medan: Yayasan Kita Menulis.
Tingga, Chairul Pua, Sholihat, Walmi dkk, 2022, Seni Pemasaran Kontemporer, Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Tjiptono, F, 2000, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi Offseto.
Arswendi, Riki, Dewi S. Tanti, dan Andi Herlina, 2019, Aktivitas Bauran Promosi Unit Usaha Syariah PT. Bank Permata Tbk (Studi Deskriptif Kualitatif Eksekusi Co-Branding dan Sponsorship Permata Bank Syariah dengan Persib 2017-2018), Jurnal An-Nida, Vol. 11, No. 2.
Chatamallah, Maman. 2008, Strategi “Public Relations” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus Dengan Pendekatan “Marketing Public Relations di Provinsi Banten. Mediatour: Jurnal MEDIATOR, Vol. 9, No. 2.
Hendrarto, Djodi dan Poppy Ruliana, 2019, Strategi Public Relations Radio Delta FM dalam Mempertahankan Pendengar Melalui Media Sosial, Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, Vol. 4, No. 2.
Hermawan, Elpa, 2020, Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations, Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK), Vol. 5, No. 2.
Koondoko, Yovanca. Putra, I Nyoman Darma dan Paturusi, Syamsul Alam, 2017, Pengembangan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara, Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), Vol.4, No.1.
Pratama, Adi Putra, Silviana Purwanti, dan Sarwo Edy Wibowo, 2018, Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda, eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 6, No. 1.
Sembiring, Junaidi Pranata, 2016, Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung, Jurnal Simbolika, Vol. 2, No. 1.
Tulis, Christian dan Wijaya, Lina Sinatra, 2019, Strategi Marketing Public Relation dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisatawan Kepulauan Talud-Slawesi Utara, Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 5, No.1.
DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i2.3935
Article Metrics
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-graph.png)
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-pdf.png)
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|