KONVERGENSI RADIO KARTINI FM JEPARA DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI MEDIA BARU

suhariyanto suhariyanto, Fajriannoor Fanani, Tika Ristia Djaya

Abstract


Abstrak

Salah satu dampak perkembangan tehnologi adalah bisa mengubah perilaku orang yang mulai meninggalkan radio analog dan beralih kepada radio digital. Perkembangan tehnologi di tandai dengan banyaknya media baru bermunculan seperti halnya cyber disitu ada internet, facebook, IG dan masih banyak lagi. Perkembangan tehnologi ini semakin maju pesat dari hari ke hari sehingga memaksa media lain harus berani bersaing dan mengikuti perkembangan tehnologi itu sendiri demi untuk eksistensi media dan menambah penghasilan media secara ekonomi. Radio Kartini Jepara (94,2 FM) adalah salah satu radio yang menerapkan konvergensi media dalam menghadapi transformasi media baru dengan memanfaatkan perkembngan media baru. Metode penelitian yang didunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori konvergensi media. Dimana teori konvergensi media berfokus pada lima proses yang mengubah media diproduksikan dan dikonsumsi. Lima proses konvergensi meliputi ekonomi, sosial, teknologi, budaya dan global. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam dengan beberapa Crew Radio Kartini FM Jepara, diantaranya adalah Dewan Pengawas Radio Kartini FM Jepara dan Direktur Umum Radio Kartini FM Jepara.


Keywords


Konvergensi Media, Radio, Transformasi Media

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman Bayhaqi dan Nur Aini Shofiya Asy’ari, 2021, “Pe nerapan Manajemen Konvergensi Media Radio Songgolangit Ponorogo”, Sahafa Journal of Islamic Commuication, vol. 4, no. 1.

Dudi Iskandar, 2018, “Konvergensi Media: Pembauran Ideologi,Politik dan Etika Jurnalisme”., Yogyakarta: ANDI.

Cangara, Hafied, 2006, “Pengantar Ilmu Komunikasi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin Rakhmat, 2014, “Metode Penelitian Komunikasi” . Bandung: PT Remaja Roesdakarya

Jenkins, Henry, 2008, “Convergence Culture: Where Old And New Media Collide”. New York and London: New York University Press

Lexy J. Moleong, 2010, “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.

Morrisan, 2011, “Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi”. Jakarta: Kencana.

Nasution, N, 2018, “Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Interaksi, 2 no.2.

Nurkinah, 2017, “Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional”. Politikom Indonesiana, 2 no. 2

Nurliah, 2018, “Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makasar”. Dakwah Tabligh, 19 no. 1.

Suryawati, Indah, 2011, “Jurnalistik: Suatu Pengantar Teori dan Praktek”. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiya, Aritasius, 2012, “Strategi Transformasi Konvergensi Media”. Jakarta: Universitas Indonesia.

Suharmanto, Heri, 2017, “Strategi Penyiaran Radio Songgolangit FM Ponorogo Dalam Memberikan Informasi Seputar Ponorogo Pada Program Acara Graha Warta”. Skripsi Universitas Mohammadiyah Ponorogo: Ilmu Komunikasi.

Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. 2011 diperbanyak oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i2.3476

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 341 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref