MOTIF PEMIRSA PROGRAM DAKWAH DI TELEVISI (Analisis Uses and Gratification terhadap Masyarakat Desa Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang)

Ahmad Shofi Muhyiddin

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana motif para pemirsa program dakwah di televisi pada masyarakat desa Kebondalem kecamatan Jambu kabupaten Semarang, karena media massa -khususnya media televisi— telah menjadi saluran primer bagi penyebaran dakwah Islamiyah dewasa ini. Begitu tingginya penetrasi media televisi dalam kehidupan modern, maka fenomena ini telah menjadi kajian penting dalam studi ilmu komunikasi khususnya yang berkaitan dengan media komunikasi. Motif yang diteliti adalah motif pengguna dalam memilih program dakwah di televisi dengan menggunakan teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, diharapkan agar analisa data lebih sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta- fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Dari penelitian yang telah dilakukan pada sepuluh narasumber yang menonton program dakwah di televisi, setiap narasumber memiliki perbedaan motivasi berdasarkan latar belakang pendidikan mereka, alhasil, metode dakwah yang tersaji dalam setiap program dakwah di televisi, yang mereka pilih pun berbeda-beda. Dan dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa perbedaan penilaian dan pemilihan disebabkan oleh latar belakang yang berbeda-beda dan motif penggunaan yang berbeda-beda pula.

Keywords


Motif Pemirsa, Program Dakwah Televisi, Uses and Gratification

Full Text:

PDF

References


Arfin, Muhammad. (2006). "Dakwah Multi Media Terobosan Baru bagi Para Da’i", (Surabaya: Graha Ilmu Mulia)

Arifuddin. (2011). "Metode Dakwah dalam Masyarakat". (Makassar: Alauddin University Press)

Bungin, Burhan. (2006). "Sosiologi Komunikasi". (Jakarta: Prenada Media Grup)

Effendy, Onong Uchjana. (1993). "Dinamika Komunikasi", (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Efendi, Onong Uchjana. (2000). "Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi", (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti)

Gunadi. (2009). "Pengaruh Tayangan Program “Mamah & Aa” Di Indosiar Terhadap Pengetahuan Khalayak (Survey Terhadap Kaum Ibu Majelis Ta'lim Al-Hikmahdi Kelurahan Duri Kepa Jakarta Barat) Periode Februari – April 2009", Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta

Handoko. (1992). "Motivasi: Daya Penggerak Tingkah Laku", (Yogyakarta: Penerbit Kanisius)

Haris, Nurfadhilah. (2017). "Metode Dakwah "Islam itu Indah" di Trans TV (Episode Tahajjud Buatku Tenang)", Skripsi. UIN Alauddin Makassar

Kamil, Irfan. (2020). "KPI: 89 Persen Masyarakat Lebih Percaya Televisi Dibanding Internet", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2020/07/22/20263851/kpi-89-persen-masyarakat-lebih-percaya-televisi-dibanding-internet.

Kholil, Syukur. (2006). "Penyiaran Islam Melalui Televisi, Konsep Ideal, Kondisi Objektif dan Prosfeknya", sebuah makalah dalam Loka Karya jurusan Komunikasi Islam IAIN SU Medan pada tanggal 9 Desember

Kriyantono, Rahmat. (2006). "Teknis praktis riset komunikasi". (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Kuswandi, Wawan. (1996). "Komunikasi Massa, Sebuah Analisis Media Televisi", (Jakarta: Rineka Cipta)

Morissan, Wardhani dan Hamid. (2013). "Teori Komunikasi Massa", (Jakarta: Ghalia Indonesia)

Muhtadi, Asep Saeful. (2012). "Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan, dan Aplikasi", (Bandung: Simbiosa Rekatama Media)

Mulyana, Deddy. (2005). "Nuansa-Nuansa Komunikasi: Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer", (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Nurrokim, Mohammad. (2018). "Brand Personality Acara Dakwah Televisi dalam Perspektif Teori Kultivasi Media". Halaqa: Islamic Education Journal 2 (1), Juni 2018, 30-52

ISSN 2503 – 5045 (online) Journal Homepage: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa. DOI Link: http://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.1545

Nurudin. (2007). "Pengantar Komunikasi Massa", (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada)

McQuail, Dennis. (2002). "Teori Komunikasi Massa", (Jakarta: Penerbit Erlangga)

Rahmat, Jalaluddin. (1998). "Psikologi Komunikasi", (Bandung: Mizan)

Rahmat, Jalaluddin. (2007). "Metode Penelitian Komunikasi", (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Rogers, Everett M.. (T.tt.) "Communication Technology, The New Media in Society", (New York: The Free Press)

Severin, Werner J. dan Tankard, James W., (2008). "Teori komunikasi: sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa". (Jakarta: Prenada Media)

Singarimbun, Masri. & Effendi, Sofian. (1993). "Metode Penelitian Survai", (Jakarta: LP3ES)

Siregar, Boyke P.. (2020). "Jumlah Penonton Televisi Naik 12% sejak Ada PSBB dan WFH", https://wartaekonomi.co.id/read285326/jumlah-penonton-televisi-naik-12-sejak-ada-psbb-dan-wfh

Taufik, Rohmat. (2013). "Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar, Analisis dan Metode pengembangan", (Yogyakarta: Graha Ilmu)

Thaib, Erwin Jusuf. (2014). "Studi Dakwah dan Media Perspektif Uses and Gratification Theory", Farabi (e-Journal), 11(1), 1–23. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/fa/article/view/774

West, Richard dan Turner, Lynn H., (2008). "Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi", (Jakarta: Salemba Humanika)




DOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i1.3246

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 312 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref