DESAIN DAKWAH ISLAM PADA MASYARAKAT INDUSTRI 4.0 DAKWAH MELALUI KONTEN VIDEO CEREMAH DI CHANNEL YOUTUBE
Abstract
Media membantu menciptakan realitas pribadi bagi banyak orang dan mempengaruhi realitas dari setiap orang. Setiap orang harus mengetahui bagaimana ini terjadi jika ingin menguasai media dan bukan dikuasai media. Karena banyaknya jumlah khalayak,untuk itu penting bagi dakwah memberikan apa yang diinginkan khalayak, youtube menjadi salah satu cara untuk merangkul khalayak sebanyak mungkin, dimanapun dan kapanpun pesan-pesan sampai pada khalayak penerima. Metode penlitian ini menggunakan penelitian kualitatif dekriptif yang tidak hanya berfokus pada pengumpulan dan penyusunan data akan tetapi lebih jauh pada analissa dan interpretasi atau penafsiran dari data tersebut. penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan masyarakat digital dalam mengupayakan dakwah di era industri 4.0 cara memahami agar bisa dijangkau oleh jumlah khalayak yang sangat banyak dan dimanapun mereka berada tanpa dibatasi waktu dan biaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa youtube menjadi salah satu pilihan berdakwah belakangan ini, pun dengan yang disajikan oleh akun youtube ngaji ahlusunnah terbukti dengan jumlah yang tak sedikit 320.336 x ditonton, dengan 140 ribu subscriber dan 107 video ceramah dari Gus Baha. Beberapa VIDEO hampir memiliki komentar didalamnya yang banyak dilakukan oleh khalayak disetiap postingan VIDEO ceraama Gus Baha yang diunggah admin. dari beberapa sempel komentar yang didapat ternyata VIDEO ceramah yang diunggah di youtube sangat membantu khalayak yang mencintai Gus Baha dan saat itu tidak bisa menghadiri langssung pengajian Gus Baha, pun yang belum mengenal Gus Baha akun youtube ini membantu dan berpotensi lebih mengenalkan khalayak tentang Gus Baha dan isi pengajiannya, walau hanya berbentuk sebuah rekaman suara ini juga membantu pada hasrat atau keinginan untuk belajar agama bagi masyarakat Islam.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34001/an-nida.v13i2.2220
Article Metrics
Abstract view : 376 timesPDF - 502 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|