PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU NARSISME DI KALANGAN MAHASISWA

Khoirul Muslimin, Muhammad David Yusuf

Abstract


Social media is now present and changing the paradigm of community communication, where
now communication can occur anywhere at any time without having to meet face to face. Social
media Instagram is a communication media in the form of an application for sharing photos,
which allows users to take photos, apply digital filters, so that they can be seen by followers of
other Instagram user accounts and allow them to respond to each other such as likes, comments
etc. The purpose of this study was to determine whether there is an influence between the use of
Instagram social media on narcissistic behavior among students of the Islamic Communication
and Broadcasting Study Program, Faculty of Da'wah and Communication, Unisnu Jepara.
In this study, there are two variables, namely the use of Instagram as an independent variable
(independent) and narcissistic behavior as the dependent variable. The sample in this study were
students of class 2016-2019. The sampling technique in this study used simple random sampling.
Data collection methods consisted of observation, interviews and questionnaires. The data were
analyzed using the IMB SPSS Statistics 25 application. The results of the correlation test using
the product moment correlation analysis between the use of Instagram social media on narcissistic
behavior were 0.636 with a significance value of 0.000, which means that there is a significant and
positive influence between the use of Instagram on narcissistic behavior among Study Program
students. Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Da'wah and Communication,
Unisnu Jepara.

Media sosial kini hadir dan merubah paradigma berkomunikasi masyarakat, dimana
sekarang ini komunikasi bisa terjadi dimana saja kapan saja tanpa harus bertatap muka
secara langsung. Media sosial Instagram adalah media komunikasi berupa aplikasi untuk
berbagi foto, yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, menerapkan
filter digital, sehingga dapat dilihat oleh para pengikut akun pengguna Instagram lain
dan memungkinkan untuk saling memberikan respon seperti like, komentar dll. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penggunaan
media sosial Instagram terhadap perilaku narsisme di kalangan mahasiswa Program
Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Unisnu
Jepara. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu penggunaan Instagram
sebagai variabel bebas (independen) dan perilaku narsisme sebagai variabel terikat
(dependen). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016-2019. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling.
Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Data
dianalisis menggunakan aplikasi IMB SPSS Statistics 25. Hasil uji korelasi menggunakan
analisis korelasi product moment antara penggunaan media sosial Instagram terhadap
perilaku narsisme adalah 0,636 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti
terdapat pengaruh signifikan dan positif antara penggunaan Instagram terhadap
perilaku narsisme di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran
Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Unisnu Jepara.

Keywords


Social Media, Instagram, Narcissism.

Full Text:

PDF

References


Buku/karangan ilmiah:

Arianto, Dwi Agung Nugroho.(2011).

Pengenalan Komputer dan Internet

Dasar. Semarang: RaSAIL Media

Group.

Chaplin.(2001). Kamus Lengkap Psikologi,

Alih Bahasa Kartini Kartono.Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Fries, Maulhayat, Wahyuddin Asmary.

(2018). Peran Instagram di Kalangan

Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas

Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar.

Makassar: Universitas Negeri

Makasar.

Kriyantono,Rachmat. (2010).Teknik Praktis

Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Philip.(2007). Jangan Terlalu Dekat

Narsisus, Psikologi Plus, vol. 1, no. 09,

ed. Maret hlm. 26-28.

Sendari, Anugrah Ayu. (2019). Instagram

Adalah Platform Berbagi Foto dan

Video, ini Deretan Fitur Canggihnya,

Available at: https://www.liputan6.

com/tekno/read/3906736, Diunduh

pada tanggal 22 Desember 2019.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,

Bandung: CV. Alfabeta.

Tahir,Muhammad. (2011).Pengantar

Metodologi Penelitian Pendidikan.

Makassar: Universitas

Muhammadiyyah Makassar.

Bungin, Burhan. (2008). Sosiologi Komunikasi

: Teori dan Paradigma. Jakarta :

Kencana

Kuncoro, Mudrajad. (2010). Ekonomika

Pembangunan: Masalah, Kebijakan, dan Politik (Edisi.5). Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Akcay, Selcuk. (2011). Causality Relationship

Between Total R&D Investment and

Economic Growth: Evidence From

United States. The Journal of Faculty of

Economics and Administrative Sciences,

(1), 79–92.

Atmadja, Adwin S. (1999). Inflasi di

Indonesia: Sumber – sumber

Penyebab dan Pengendaliannya.

Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1),

-57.

Endaryati. et al. (2000). Aplikasi fungsi

Cobb-Douglas: studi kasus Industri

Besi dan Baja dasar Indonesia 1976-

, Jurnal Bisnis dan Ekonomi

Kinerja, Vol 4 No 2 Th 2000.

Chain, P. (1997). Same or Different?: A

Comparison of the Beliefs Australian

and Chinese University Students Hold

about Learning's Proceedings of AARE

conference, Swisburne University.

Available at: http://www.swin.edu.

au/aare/97pap/CHAN97058.html.

Diunduh pada 3 Juni 2003.

StatSoft, inc. (1997). Electronic Statistic

Textbook, Tulsa OK., StatSoft Online.

Available at: http://www.statsoft.

comitextbook/stathome.Html.

Diunduh pada 27 Mei 2000.

Dokumen resmi pemerintah:

Undang-undang Republik Indonesia.

Nomor 10 Tahun 1998 tentang

Perubahan atas Undang-undang

Nomor 7 Tahun 1992 tentang

Perbankan. 1998 diperbanyak

oleh Negara Kesatuan Republik

Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i2.1610

Article Metrics

Abstract view : 447 times
PDF - 3313 times




Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref