STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK M. MIFTAH DALAM PEMENANGAN PEMILU 2019 DI SALATIGA

Desi Widarwati

Abstract


Political communication strategy has a fulcrum that influences a goal both organization and
personally. The 2019 Election in Salatiga has won M. Miftah, a legislative member from
PKB, sits in the goverment seat of the Salatiga DPRD. This research reveals how the political
communication strategy used by M. Miftah in realizing this victory. This research also aims to
describe the analysis used completing the political communication strategy designed to make it
into the ranks of goverment. With the qualitative method, data findings in the form of documents
from KPU containing the number of votes obtained by M. Miftah and proof of the announcement
of the victory of the banner campaign brochure and interviewswith M. Miftah and the team were
succesfully presented with descriptive accounts. Like politicians, in general, SWOT analysis is
also applied by M. Miftah in implementing the planned strategy with the team. With SWOT
analysis, M. Miftah added strategies such as understanding the charachter of the community,
suppressing weaknesses and showing strenghts, minimizing external threats and pressure, and
using opportunities weel.

Strategi komunikasi politik memiliki titik tumpu yang berpengaruh terhadap suatu tujuan
baik organisasi maupun pribadi. Pemilu 2019 di Salatiga telah memenangkan M. Miftah
anggota legislatif dari PKB duduk di kursi pemerintahan DPRD Salatiga. Penelitian ini
mengungkapkan bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan M. Miftah
dalam mewujudkan kemenangan tersebut. Penelitian ini juga bertujuan memaparkan
analisis yang digunakan dalam melengkapi strategi komunikasi politik yang dibuat agar
berhasil masuk ke dalam jajaran kepemerintahan. Dengan metode kualitatif, temuan
data berupa dokumen dari KPU yang berisi banyaknya suara yang diperoleh oleh
M. Miftah dan bukti pemberitahuan kemenangan, brosur kampanye, spanduk, serta
wawancara kepada M. Miftah beserta tim berhasil disajikan dengan penuturan secara deskriptif. Seperti politisi umumnya, analisis SWOT juga diterapkan oleh M. Miftah
dalam mengimplikasi strategi yang direncanakan beserta tim. Dengan analisis SWOT,
M. Miftah menambahkan strategi seperti memahami karakter masyarakat, menekan
kelemahan dan memperlihatkan kelebihan, meminimalis ancaman dan tekanan dari
luar, serta menggunakan peluang dengan bagus.

Keywords


strategy, political communication, elections

Full Text:

PDF

References


Aminulloh, Akhirul. (2020). Strategi

Komunikasi Politik Partai pada

Pemilu Legislatif 2009: Studi

Kasus Partai Keadilan Sejahtera di

Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi,

vol. 8, no. 1, Januari-April 2010.

Arifin, Anwar. (2011). Komunikasi Politik:

Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan,

Strategi, dan Komunikasi Politik

Indonesia. (Edisi 2). Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Cangara, Hafied. (2018). Komunikasi Politki:

Konsep, Teori, dan Strategi. (Edisi 5).

Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu

Komunikasi: Teori dan Praktek.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian

Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Fiske, John. (2014). Pengantar Ilmu

Komunikasi. (Edisi Ketiga).

Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Diterjemahkan dari buku asli

Introduction to Communication

Studies oleh Hapsari Dwiningtyas.

Hatamar Rasyid. (2017). Pengantar Ilmu

Politik “Perspektif Barat dan Islam”.

Depok: PT Rajagrafindo Persada.

https://KPU-Salatiga.go.id/mengupaskota-salatiga-partisipasi-pemilutertinggi-di-jawa-tengah/ diakses

pada 06 Desember 2020.

https://www.pkb.id.page.sejarahpendirian/ diakses pada 06

Desember 2020.

Kamaluddin, Undang. A dan Muhammad

Alfan. (2015). Dinamika Politik di

Indonesia: Perjalanan Politik Sejak Orde Lama Hingga Revormasi. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Masduki, Anang dan Rendra Widyatama.

Efektifitas Strategi Komunikasi

Politik Elit Muhammadiyah Diy

Dalam Pemenangan Pemilu Dpd-Ri

Tahun 2014. Journal of Communication

Studies, Vol. 5, No. 1.

Mukarom, Zaenal. (2016). Komunikasi Politik.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Nimmo, Dan. (2017). Komunikasi Politik:

Khalayak dan efek. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Pimay, Awaludin. (2005). Paradigma Dakwah

Humanis: Strategi dan Metode Dakwah

Prof. Kh. Saefudin Zuhri. Semarang:

Rasail.

Sapoetra, Yudistira Arya dkk. (2013).

Pengaruh Strategi Komunikasi

Terhadap Kinerja Individu dan

Kepuasan Kerja. Jurnal Aplikasi

Manajemen volume II Nomor 3,

September 2013.

Subiakto, Henry dan Rachmah Ida. (2014).

Komunikasi Politik, Media, dan

Demokrasi. (Edisi 2). Jakarta: Penerbit

Kencana Prenamedia Group.

Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi:

Sebuah Analisis Teori dan Praktis di

Era Global. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Thaibah. (2018). Strategi Komunikasi

Politik Pemenangan Akmal Ibrahim

pada Pilkada Kabupaten Aceh Barat

Daya 2017. Skripsi Komunikasi dan

Penyiaran Islam, UIN Ar-Raniry.

Banda Aceh.

Undang-undang Nomor 31 Tahun 2002

tentang Partai Politik.




DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i2.1609

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 1127 times




Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref