STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK M. MIFTAH DALAM PEMENANGAN PEMILU 2019 DI SALATIGA
Abstract
personally. The 2019 Election in Salatiga has won M. Miftah, a legislative member from
PKB, sits in the goverment seat of the Salatiga DPRD. This research reveals how the political
communication strategy used by M. Miftah in realizing this victory. This research also aims to
describe the analysis used completing the political communication strategy designed to make it
into the ranks of goverment. With the qualitative method, data findings in the form of documents
from KPU containing the number of votes obtained by M. Miftah and proof of the announcement
of the victory of the banner campaign brochure and interviewswith M. Miftah and the team were
succesfully presented with descriptive accounts. Like politicians, in general, SWOT analysis is
also applied by M. Miftah in implementing the planned strategy with the team. With SWOT
analysis, M. Miftah added strategies such as understanding the charachter of the community,
suppressing weaknesses and showing strenghts, minimizing external threats and pressure, and
using opportunities weel.
Strategi komunikasi politik memiliki titik tumpu yang berpengaruh terhadap suatu tujuan
baik organisasi maupun pribadi. Pemilu 2019 di Salatiga telah memenangkan M. Miftah
anggota legislatif dari PKB duduk di kursi pemerintahan DPRD Salatiga. Penelitian ini
mengungkapkan bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan M. Miftah
dalam mewujudkan kemenangan tersebut. Penelitian ini juga bertujuan memaparkan
analisis yang digunakan dalam melengkapi strategi komunikasi politik yang dibuat agar
berhasil masuk ke dalam jajaran kepemerintahan. Dengan metode kualitatif, temuan
data berupa dokumen dari KPU yang berisi banyaknya suara yang diperoleh oleh
M. Miftah dan bukti pemberitahuan kemenangan, brosur kampanye, spanduk, serta
wawancara kepada M. Miftah beserta tim berhasil disajikan dengan penuturan secara deskriptif. Seperti politisi umumnya, analisis SWOT juga diterapkan oleh M. Miftah
dalam mengimplikasi strategi yang direncanakan beserta tim. Dengan analisis SWOT,
M. Miftah menambahkan strategi seperti memahami karakter masyarakat, menekan
kelemahan dan memperlihatkan kelebihan, meminimalis ancaman dan tekanan dari
luar, serta menggunakan peluang dengan bagus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminulloh, Akhirul. (2020). Strategi
Komunikasi Politik Partai pada
Pemilu Legislatif 2009: Studi
Kasus Partai Keadilan Sejahtera di
Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi,
vol. 8, no. 1, Januari-April 2010.
Arifin, Anwar. (2011). Komunikasi Politik:
Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan,
Strategi, dan Komunikasi Politik
Indonesia. (Edisi 2). Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Cangara, Hafied. (2018). Komunikasi Politki:
Konsep, Teori, dan Strategi. (Edisi 5).
Jakarta: Rajawali Pers.
Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu
Komunikasi: Teori dan Praktek.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian
Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Fiske, John. (2014). Pengantar Ilmu
Komunikasi. (Edisi Ketiga).
Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Diterjemahkan dari buku asli
Introduction to Communication
Studies oleh Hapsari Dwiningtyas.
Hatamar Rasyid. (2017). Pengantar Ilmu
Politik “Perspektif Barat dan Islam”.
Depok: PT Rajagrafindo Persada.
https://KPU-Salatiga.go.id/mengupaskota-salatiga-partisipasi-pemilutertinggi-di-jawa-tengah/ diakses
pada 06 Desember 2020.
https://www.pkb.id.page.sejarahpendirian/ diakses pada 06
Desember 2020.
Kamaluddin, Undang. A dan Muhammad
Alfan. (2015). Dinamika Politik di
Indonesia: Perjalanan Politik Sejak Orde Lama Hingga Revormasi. Bandung:
CV Pustaka Setia.
Masduki, Anang dan Rendra Widyatama.
Efektifitas Strategi Komunikasi
Politik Elit Muhammadiyah Diy
Dalam Pemenangan Pemilu Dpd-Ri
Tahun 2014. Journal of Communication
Studies, Vol. 5, No. 1.
Mukarom, Zaenal. (2016). Komunikasi Politik.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Nimmo, Dan. (2017). Komunikasi Politik:
Khalayak dan efek. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Pimay, Awaludin. (2005). Paradigma Dakwah
Humanis: Strategi dan Metode Dakwah
Prof. Kh. Saefudin Zuhri. Semarang:
Rasail.
Sapoetra, Yudistira Arya dkk. (2013).
Pengaruh Strategi Komunikasi
Terhadap Kinerja Individu dan
Kepuasan Kerja. Jurnal Aplikasi
Manajemen volume II Nomor 3,
September 2013.
Subiakto, Henry dan Rachmah Ida. (2014).
Komunikasi Politik, Media, dan
Demokrasi. (Edisi 2). Jakarta: Penerbit
Kencana Prenamedia Group.
Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi:
Sebuah Analisis Teori dan Praktis di
Era Global. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Thaibah. (2018). Strategi Komunikasi
Politik Pemenangan Akmal Ibrahim
pada Pilkada Kabupaten Aceh Barat
Daya 2017. Skripsi Komunikasi dan
Penyiaran Islam, UIN Ar-Raniry.
Banda Aceh.
Undang-undang Nomor 31 Tahun 2002
tentang Partai Politik.
DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i2.1609
Article Metrics
Abstract view : 460 timesPDF - 1127 times
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|