KONTEN YOUTUBE TASYA FARASYA TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS MULAWARMAN

Devy Yurikasari

Abstract


Communication is a major element in the interaction of individuals in everyday life. The message
that is communicated can affect human thought patterns and behavior because, the purpose of
communication is to get the same meaning or view. There is also the development of communication
using media platforms such as radio, television, internet; Instagram and YouTube are used as mass
media. New media communication uses the internet as its medium and social media begins to shift
the position of old media in the delivery of information. The purpose of the study was to analyze
the lifestyle of Fisip Mulawarman University students on YouTube's Tasya Farasya content
on hedonic lifestyle behavior. The theory used in this paper is the theory of Simulakra by Jean
Baudrillard. The research method used is descriptive qualitative, using analytical techniques from
Miles and Huberman intended to gather information about a symptom as it was when the study
was conducted. Data collection is done by conducting observations, interviews and documentation.
There were 10 respondents in this study consisting of International Relations, Communication
Studies and Business Administration majors. The results showed that respondents' social and
economic life strongly showed the consumption activities of symbols and consumption styles.
This can be seen from the respondents' interest in branded goods that are outside of their needs
to be the center of attention in the audience. The whole process appears an imitation behavior in
terms of appearance. The imitation in appearance displayed by students relies on the appearance
mentioned by Baudrillard regarding the consumption behavior of symbols and signs discussed in
simulakra theory.


Komunikasi merupakan unsur utama dalam interaksi individu dikehidupan sehari-hari.
Pesan yang dikomunikasikan dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia
karena, tujuan dari komunikasi ialah untuk mendapatkan kesamaan makna atau
pandangan. Ada pun perkembangan komunikasi menggunakan platform media seperti
radio, televisi, internet; Instagram dan YouTube yang digunakan sebagai media massa.
Komunikasi new media menggunakan internet sebagai medianya dan media sosial mulai
menggeser posisi media lama dalam penyampaian informasi. Tujuan Penelitian adalah
untuk menganalisis gaya hidup mahasiswa Fisip Universitas Mulawarman pada konten
YouTube Tasya Farasya terhadap perilaku gaya hidup hedonis. Teori yang digunakan
dalam penulisan ini adalah teori Simulakra oleh Jean Baudrillard. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teknik analisis dari Miles dan
Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala
apa adanya saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini ada sebanyak
10 orang yang terdiri dari jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi dan
jurusan Administrasi Bisnis. Hasil penelitian menunjukkan hidup sosial dan ekonomi
responden sangat memperlihatkan pada aktivitas konsumsi simbol-simbol dan gaya
konsumsi. Hal ini dapat dilihat dari minat responden terhadap barang branded yang
diluar dari kebutuhannya untuk menjadi pusat perhatian dalam khalayak. Keseluruhan
dari proses itu muncul sebuah perilaku peniruan dalam hal penampilan. Peniruan
dalam penampilan yang ditampilkan oleh mahasiswa mengandalkan penampilan yang
disebutkan oleh Baudrillard terkait perilaku konsumsi simbol dan tanda yang dibahas
dalam teori simulakra.

Keywords


Simulacra, YouTube, Lifestyle, Simulakra, YouTube, Gaya Hidup

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2006. Metode

Penelitian Sosial Berbagai Alternatif

Barnard, Malcolm. 2011. Fashion as

Communication. Bandung: Jalasutra.

Baudrillard, Jean. 2018. Masyarakat

Konsumsi. Bantul: Kreasi Wacana

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu

Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Chaney, David. 2011. Lifestyles: Sebuah

Pengantar Komprehensif. Yogyakarta:

Jalasutra

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Komunikasi

Teori dan Praktek. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Engel, J.F, dkk. 2005. Perilaku konsumen.

Edisi keenam. Jilid2. Jakarta: Bnarupa

Aksara

Faiza, Arum, Sabila J Firda, dkk. 2018. Arus

Metamorfosa Milenial. Kendal: CV.

Achmad Jaya Group

Ibrahim, Idy Subandi. 2007. Budaya Populer

sebagai Komunikasi. Dinamika

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen

Pemasaran Jilid I Edisi ke 12 Jakarta:

Erlangga

Miles, Mathew B.A, Michael Huberman,

Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif.

Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi.

UI Press. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian

Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya

Oktarina, Yetty dan Abdullah, Yudi. 2017.

Komunikasi dalam Perspektif Teoridan

Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama

Piliang, Yasraf Amir. 2011. Dunia yang

Dilipat: Tamasya Melapaui BatasbatasKebudayaan. Bandung: Pustaka

Matahari

Rianton. 2012. Hubungan antara konformitas

kelompok teman sebaya dengangaya

hidup hedonis pada mahasiswa Kab.

Dhamasraya diYogyakarta. Naskah

Publikasi. Yogyakarta.

Sumber Internet

https://katadata.co.id/

infografik/2019/03/06/YouTubemedsos-no-1-diindonesia# diakses

pada tanggal 30 September 2019

pukul 22:33




DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i2.1606

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 1255 times




Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref