KONTEN YOUTUBE TASYA FARASYA TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS MULAWARMAN
Abstract
that is communicated can affect human thought patterns and behavior because, the purpose of
communication is to get the same meaning or view. There is also the development of communication
using media platforms such as radio, television, internet; Instagram and YouTube are used as mass
media. New media communication uses the internet as its medium and social media begins to shift
the position of old media in the delivery of information. The purpose of the study was to analyze
the lifestyle of Fisip Mulawarman University students on YouTube's Tasya Farasya content
on hedonic lifestyle behavior. The theory used in this paper is the theory of Simulakra by Jean
Baudrillard. The research method used is descriptive qualitative, using analytical techniques from
Miles and Huberman intended to gather information about a symptom as it was when the study
was conducted. Data collection is done by conducting observations, interviews and documentation.
There were 10 respondents in this study consisting of International Relations, Communication
Studies and Business Administration majors. The results showed that respondents' social and
economic life strongly showed the consumption activities of symbols and consumption styles.
This can be seen from the respondents' interest in branded goods that are outside of their needs
to be the center of attention in the audience. The whole process appears an imitation behavior in
terms of appearance. The imitation in appearance displayed by students relies on the appearance
mentioned by Baudrillard regarding the consumption behavior of symbols and signs discussed in
simulakra theory.
Komunikasi merupakan unsur utama dalam interaksi individu dikehidupan sehari-hari.
Pesan yang dikomunikasikan dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia
karena, tujuan dari komunikasi ialah untuk mendapatkan kesamaan makna atau
pandangan. Ada pun perkembangan komunikasi menggunakan platform media seperti
radio, televisi, internet; Instagram dan YouTube yang digunakan sebagai media massa.
Komunikasi new media menggunakan internet sebagai medianya dan media sosial mulai
menggeser posisi media lama dalam penyampaian informasi. Tujuan Penelitian adalah
untuk menganalisis gaya hidup mahasiswa Fisip Universitas Mulawarman pada konten
YouTube Tasya Farasya terhadap perilaku gaya hidup hedonis. Teori yang digunakan
dalam penulisan ini adalah teori Simulakra oleh Jean Baudrillard. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teknik analisis dari Miles dan
Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala
apa adanya saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini ada sebanyak
10 orang yang terdiri dari jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi dan
jurusan Administrasi Bisnis. Hasil penelitian menunjukkan hidup sosial dan ekonomi
responden sangat memperlihatkan pada aktivitas konsumsi simbol-simbol dan gaya
konsumsi. Hal ini dapat dilihat dari minat responden terhadap barang branded yang
diluar dari kebutuhannya untuk menjadi pusat perhatian dalam khalayak. Keseluruhan
dari proses itu muncul sebuah perilaku peniruan dalam hal penampilan. Peniruan
dalam penampilan yang ditampilkan oleh mahasiswa mengandalkan penampilan yang
disebutkan oleh Baudrillard terkait perilaku konsumsi simbol dan tanda yang dibahas
dalam teori simulakra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2006. Metode
Penelitian Sosial Berbagai Alternatif
Barnard, Malcolm. 2011. Fashion as
Communication. Bandung: Jalasutra.
Baudrillard, Jean. 2018. Masyarakat
Konsumsi. Bantul: Kreasi Wacana
Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Chaney, David. 2011. Lifestyles: Sebuah
Pengantar Komprehensif. Yogyakarta:
Jalasutra
Effendy, Onong Uchjana. 2013. Komunikasi
Teori dan Praktek. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Engel, J.F, dkk. 2005. Perilaku konsumen.
Edisi keenam. Jilid2. Jakarta: Bnarupa
Aksara
Faiza, Arum, Sabila J Firda, dkk. 2018. Arus
Metamorfosa Milenial. Kendal: CV.
Achmad Jaya Group
Ibrahim, Idy Subandi. 2007. Budaya Populer
sebagai Komunikasi. Dinamika
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen
Pemasaran Jilid I Edisi ke 12 Jakarta:
Erlangga
Miles, Mathew B.A, Michael Huberman,
Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif.
Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi.
UI Press. Jakarta
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian
Kualitatif, Bandung: Remaja
Rosdakarya
Oktarina, Yetty dan Abdullah, Yudi. 2017.
Komunikasi dalam Perspektif Teoridan
Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama
Piliang, Yasraf Amir. 2011. Dunia yang
Dilipat: Tamasya Melapaui BatasbatasKebudayaan. Bandung: Pustaka
Matahari
Rianton. 2012. Hubungan antara konformitas
kelompok teman sebaya dengangaya
hidup hedonis pada mahasiswa Kab.
Dhamasraya diYogyakarta. Naskah
Publikasi. Yogyakarta.
Sumber Internet
https://katadata.co.id/
infografik/2019/03/06/YouTubemedsos-no-1-diindonesia# diakses
pada tanggal 30 September 2019
pukul 22:33
DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i2.1606
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 1255 times
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|