MINAT MENONTON TELEVISI DAN HUBUNGANNYA DENGAN AKHLAK GENERASI MILENIAL STUDI KASUS SMP ISLAM NURUSH SHODIQIN KABUPATEN BOGOR

Rhendy Setiawan, Muhammad Dahlan R, Rofi'ah Rofi'ah

Abstract


The research aims to describe and know the extent of interest in waching television and its relationships with students. The problem that undertakes this research is that students today are called with millenials who are increasingly less than expected by parents and teachers, so it is very alarming about the next generation of the nation as the core pillars, whether stonger or even weaker. The subject in this study was a student at SMP Islam Nurush Shodiqin Bogor Regency which was taken through random samples from class VII, VIII and IX consisting of 35 students. While the object of this research is the whole in the habituation and daily students both at home and in school to parents and teachers. The data-sling technique is done by observation, documentation interviews and quetionnairs or polls to get results related to watching television and it relationship to morality. The study used the correlation formula products moments to look for the second influence of the variable scores. The results of the research that can be taken in this study, namely : first, the result in the validity test on the variable X1 is said to be valid for the value of 15 question items result above the value or R table is 0,282. Secondly, the results in the reusability test on Cronchbach’s Alpha are value due to the value in X variables above 0.6 namely 0.895 and variable Y 0.911 ie Thirdly, to provide interpretation of rxy can be been obtained rxy 0.853 if viewed from the interprestation table then the number of correlation index obtained (ie = 0.853), it is located between 0.70 – 0.90. Therefore, the data can be expressed there is a strong influence on the importance of watching the interest or television and its relation to the generation of millennials case studies at SMP Nurush Shodiqin.

Keywords : intereset in watching television, morals of millennial generation

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui sejauh mana minat menonton televisi dan hubungannya terhadap akhlak siswa. Masalah yang melandasi penelitian ini adalah akhlak siswa zaman sekarang yang disebut dengan generasi milenial yang semakin kurang bahkan jauh dari yang diharapkan oleh orangtua dan guru, sehingga amat sangat menghawatirkan terhadap generasi penerus bangsa sebagai pilar inti, apakah semakin kuat atau bahkan semakin lemah. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa di SMP Islam Nurush Shodiqin kabupaten Bogor yang diambil melalui sampel acak dari kelas VII, VIII, XI yakni terdiri dari 35 siswa. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah keseluruhan dalam pembiasaan dan keseharian siswa baik di rumah maupun di sekolah akhlak terhadap orangtua dan guru.Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dokumentasi dan kuesioner atau angket untuk mendapatkan hasil terkait minat menonton televisi dan hubungannya terhadap akhlak.Penelitian ini menggunakan rumus kolerasi Products momen untuk mencari pengaruh kedua skor variabel tersebut. Hasil penelitian yang dapat diambil dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Hasil pada uji validitas pada variabel X1 dikatakan valid karna nilai pada 15 item pertanyaan hasilnya diatas nilai R Tabel yaitu 0,282. Kedua, Hasil pada uji reabilitas pada Cronshbach’s Alpha reliable karena nilai pada variabel X diatas 0,6 yaitu 0,895 dan Variabel Y yaitu 0,911 maka nilai reliable. Ketiga, Untuk memberikan interpretasi terhadap rxy dapat di tempuh dengan cara interprestasi sederhana. Dari perhitungan di atas, telah diperoleh rxy 0,853 jika dilihat dari tabel interpretasi maka angka indeks korelasi yang diperoleh (yaitu = 0,853), ternyata terletak antara 0,70 – 0,90. Maka dari data tersebut dapat dinyatakan ada pengaruh yang kuat atau tinggi antara Minat Menonton Televisi dan Hubungannya dengan Akhlak.

Keywords : Minat Menonton Televisi, Akhlak Generasi Milenial.

Keywords


intereset in watching television, morals of millennial generation

Full Text:

PDF

References


Buku

Fachruddin, Andi (2016). Manajemen Pertelevisian Modern, Yogyakarta: Mercu Buana.

Mabruri KN,Anton (2011).Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Televisi Drama.Beji Depok Jawa barat : Mind 8 Publishing.

Effendy, Heru (2014).Berhenti Jadi Penonton Televisi, Jakarta : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Effendy, Heru (2010).Industri Pertelevisian Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Andi, Abdul.M (2011). Indonesia Di Era Dunia Maya, Teknologi Informasi Dalam Dunia Tanpa Batas Cet. I: Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Bamuali, Chaider S v (2018).Kaum Muda Muslim Milenial Konservatisme, Hibridasi Identitas, Dan Tantangan Radikalisme.Jakarta: Pusat Kajian Agama Dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah.

Darajat, Zakiyah (2015).Pengantar Ilmu Jiwa Agama.Jakarta :PT. Bulan Bintang.

Hasan.(2016). Literatur keislaman Generasi Milenial. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Press.

W. Sarwono, Sarlito (2011). Pengantar Psikologi Umum. RajaGrafindo Persada. Jakarta

Danim, Sudarwan (2010). Media Komunikasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksari.

Darajat, Zakiyah, (2015). Pengantar Ilmu Jiwa Agama.Jakarta : PT. Bulan Bintang.

Yoris, Sebastian (2016).Generasi Langgas Millenials Indonesia. Jakarta: Gagas Media.

Daradjat, Zakiyah (2015). Ilmu Pendidikan Islam, dkk.,.Jakarta: Bumi Aksara.

Latief.Hilman (2018). Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibriditas Identitas, dan Tantangan Radikalismne. Jakarta : (CSRC) Pusat Kajian Agama dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah.

Purwanto, M. Ngalim (2016). Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis,Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Abubakar, Irfan (2018). Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibriditas Identitas, dan Tantangan Radikalismne. Jakarta : (CSRC) Pusat Kajian Agama dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah.

Arifin. M. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Padmowihardjo, Soenardjo. (2014). Psikologi Belajar Mengajar.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wihana, Heru Dwi. (2015). Teknologi Informasi Sebagai Pola Hidup Generasi Milenial. Cijantung, Jakarta: Bumi Akasara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Nana, Syaodih (2011).Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudaryono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. Jakarta: Rajawali Pers/Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Minat Menonton Televisi dan Hubungannya dengan Akhlak...

Jurnal An-Nida, Vol. 12, No. 1, Januari-Juni 2020 81ISSN : 2085-3521, E-ISSN : 2548-9054

Arikuntom, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Caps.

Jurnal ilmiah:

Aisyah, Alimuddin. (2016). Dampak Perkembangan Media Televisi Terhadap Akhlak Peserta didik di SMP Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa’’. The Journal of Fakulty of Tarbiyah dan Keguruan UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

NURMAIDA, (2011).Dampak Media Televisi Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 26 Makassar.’’The Journal of Fakulty of Tarbiyah dan Keguruan UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Sumber internet:

Pew Research Center.(2010). http:// wwww.pewresearchcenter.org/ fact-tank/2010/05/02/millennialsstand-out-for-their-technology-usebut-older-generations-also-embracedigital-life/.

Fachruddin, Andi. (2016), Manajemen Pertelevisian Modern, Yogyakarta: Mercu Buana. http//wwww. repository.umy.ac.id

Arifin.M (2010). Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara. http/ wwww.e-repository.iainsalatiga. ac.id

Gifari Annisa Rohani. (2015). Pengaruh Televisi (TV) Terhadap Aspek

Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun’’The Journal Of Fakulty ILmu Pendidikan UNY. http//wwww. Journal.uny.ac.id

Cangara, Hafied. (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Kareba Jurnal Ilmu Komunikasi No.6, Vol.2, AprilJuni 2013 http/wwww.scholar. google.co.id

Djoyohadikusumo (2014). Pengertian Teknologi. Jogyakarta. BPFE http// jurnal.unmer.ac.id

Rahmita, Soenjoyo. (2014) Dampak Perkembangan Media Televisi Terhadap Akhlak. http//wwww. Repotasitori.uin-alauddin.ac.id Belajarpsikologi.com.

Zaqeus.(2008). Cara mengatasi penyakit malas. http//belajarpsikologi.com/caramengatasi-penyakit-malas/. Sumartono (1998). Pengaruh Terpaan Iklan Shampoo di Televisi Terhadap Sikap dan Perilaku Konsumtif Remaja. Bandung. PPS-Unpad. http//jurnal. unmer.ac.id

Majalah Francice.com. (2017). Memanfaatkan Go-Food Sebagai Layanan Food Dilevery. http// wwww.majalahfranchise.com/ article/306/memanfaatkangofoodsebagai-layanan-food delivery.

Coyne & Archer (2005), (Lan, dkk, 2010) Studi Dampak Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan perilaku Sosial Anak http://wwww.media. neliti.com




DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i1.1213

Article Metrics

Abstract view : 1017 times
PDF - 602 times




Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref