PERSEPSI TATO PADA CHANNEL YOUTUBE PODCAST DEDDY CORBUZIER BERSAMA HENDRIC SHINIGAMI TAYANGAN JANUARI 2020

Muhammad Misbahul Huda

Abstract


The focus of this research is on someone's perception of tattoos. The perception was taken on Deddy Corbuzier's youtube podcast channel "Raja Tattoo I Invite Debate". This type of research uses research library research with Roland Barthes semiotic analysis, namely denotation, connotation, and myth. The technique of organizing data uses the documentation method. Hendric Shinigami, Deddy Corbuzier, and citizens or netizens in an effort to change the perception of the wider community in seeing tattoos. The results of his research are 1) Semiotics Roland Barthes discovered the meaning of denotation, connotation, and myth. The meaning of denotation: a tattoo is a picture (painting) on a person's body. Meaning of connotation: tattoos are identical to people who are branded, jerks, drug users, and other negative sides. While the myth: tattoos and negative images no one expected. 2) Hendric Shinigami, Deddy Corbuzier, and citizens or netizens are aligned in an effort to change the perception of the general public regarding tattoos that are not always negative.

Keywords : Perception, Tattoo, Semiotics Analysis, Roland Barthes

Fokus penelitian ini pada persepsi seseorang tentang tato. Perpsepsi tersebut diambil pada channel podcast youtube Deddy Corbuzier versi “Raja Tattoo Gue Ajak Debat”. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research dengan analisis semiotika Roland Barthes, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tato menurut Hendric Shinigami, Deddy Corbuzier, dan warganet atau netizen dalam upaya mengubah persepsi masyarakat luas dalam melihat tato. Hasil penelitiannya yaitu 1) Semiotika Roland Barthes menemukan makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Makna denotasi: tato adalah gambar (lukisan) pada tubuh seseorang. Makna konotasi: tato identik dengan orang yang brandal, brengsek, pengguna narkoba, dan sisi negatif lainnya. Sedangkan mitos: tato dan image negatif tidak ada hubungannya. 2) Hendric Shinigami, Deddy Corbuzier, dan warganet atau netizen selaras dalam upaya untuk mengubah persepsi masyarakat luas terkait tato yang tidak selalu dipandang negatif.

Kata Kunci: Persepsi, Tato, Analisis Semiotika, Roland Barthes

Keywords


Perception, Tattoo, Semiotics Analysis, Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Buku/karangan ilmiah:

Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. (2018). Warna-warni DKV. Bandung: Penerbit Nuansa.

Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Daryanto. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo Lestari.

Gibson, James L. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, dan Proses, diterjemahkan oleh Ninuk Andriani, Jakarta: Binarupa Aksara.

Irwanto. (2020). Psikologi Umum. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Olong, Hatib Abdul Kadir. (2006). Tato. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Rahman, Abdul. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangan untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sobur, Alex. (2016) Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jurnal ilmiah:

Asrofah. (2014). Semiotik Mitos Roland Barthes dalam Analisis Iklan di Media Massa. Jurnal Sasindo, Vol 2 No 1.

Cecariyani, Shera Aske dan Gregorius Genep Sukendro. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudhist Ardhana). Jurnal Prologia, Vol 2 No 2.

David, Sondakh, dan Harilama. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan

Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, Vol 4 No 1.

Fadilah, Yudhapramesti, dan Aristi. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, Vol 1 No 1.

Faiqah, Fatty, Muh. Nadjib, dan Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol 5 No 2.

Juprinedi, Uly, dan Miranto. (2020). Analisis Makna Denotatif dan Konotatif dalam Film Upin & Ipin Episode Kenangan Mengusik Jiwa. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, Vol 3 No 1.

Listyarini dan Sarifah. (2020). Analisis Dieksis Dalam Percakapan Pada Channel Youtube Podcast Deddy Corbuzier Bersama Menteri Kesehatan tayangan Maret 2020. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 9 No 1.

Noviyanto, Leonardus Ristiardi . (2013). Persepsi Masyarakat Terhadap Perempuan Bertato. Skirpsi Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Jawa Timur.

Nugraha, Adhitiya. (2016). Fenomena Komunikasi Remaja Perempuan Bertato Di Pekanbaru, Jurnal JOM FISIP, Vol 3, No 2.

Selviana, Nina. (2018). Makna Denotasi dan Konotasi pada Ungkapan Tradisional dalam Konteks Pernikahan Adat Suku Pamona. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol 3 No 2.

Umbara, Suciptawati, dan Nilakusumawati. (2018). Pengaruh Seni dan Sosial Budaya Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Tato Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). E-Jurnal Matematika, Vol 7 No 4.

Internet:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (1995). Pengertian Persepsi. http://kbbi.web.id/persepsi.html. Diunduh pada 27 Juni 2020.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (1995). Pengertian Persepsi. http:// kbbi.web.id/tato.html. Diunduh pada 27 Juni 2020.

MyNote. (2015). Definisi Persepsi. My World. Datakata.wordpress. com. https://www.google.com/ amp/s/datakata.wordpress. com/2015/01/17/definisi-persepsi/ amp/. Diunduh pada 27 Juni 2020.




DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i1.1211

Article Metrics

Abstract view : 1383 times
PDF - 1210 times




Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref