PERSEPSI TATO PADA CHANNEL YOUTUBE PODCAST DEDDY CORBUZIER BERSAMA HENDRIC SHINIGAMI TAYANGAN JANUARI 2020
Abstract
Keywords : Perception, Tattoo, Semiotics Analysis, Roland Barthes
Fokus penelitian ini pada persepsi seseorang tentang tato. Perpsepsi tersebut diambil pada channel podcast youtube Deddy Corbuzier versi “Raja Tattoo Gue Ajak Debat”. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research dengan analisis semiotika Roland Barthes, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tato menurut Hendric Shinigami, Deddy Corbuzier, dan warganet atau netizen dalam upaya mengubah persepsi masyarakat luas dalam melihat tato. Hasil penelitiannya yaitu 1) Semiotika Roland Barthes menemukan makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Makna denotasi: tato adalah gambar (lukisan) pada tubuh seseorang. Makna konotasi: tato identik dengan orang yang brandal, brengsek, pengguna narkoba, dan sisi negatif lainnya. Sedangkan mitos: tato dan image negatif tidak ada hubungannya. 2) Hendric Shinigami, Deddy Corbuzier, dan warganet atau netizen selaras dalam upaya untuk mengubah persepsi masyarakat luas terkait tato yang tidak selalu dipandang negatif.
Kata Kunci: Persepsi, Tato, Analisis Semiotika, Roland Barthes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku/karangan ilmiah:
Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. (2018). Warna-warni DKV. Bandung: Penerbit Nuansa.
Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.
Daryanto. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo Lestari.
Gibson, James L. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, dan Proses, diterjemahkan oleh Ninuk Andriani, Jakarta: Binarupa Aksara.
Irwanto. (2020). Psikologi Umum. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Olong, Hatib Abdul Kadir. (2006). Tato. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Rahman, Abdul. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangan untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sobur, Alex. (2016) Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jurnal ilmiah:
Asrofah. (2014). Semiotik Mitos Roland Barthes dalam Analisis Iklan di Media Massa. Jurnal Sasindo, Vol 2 No 1.
Cecariyani, Shera Aske dan Gregorius Genep Sukendro. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudhist Ardhana). Jurnal Prologia, Vol 2 No 2.
David, Sondakh, dan Harilama. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan
Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, Vol 4 No 1.
Fadilah, Yudhapramesti, dan Aristi. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, Vol 1 No 1.
Faiqah, Fatty, Muh. Nadjib, dan Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol 5 No 2.
Juprinedi, Uly, dan Miranto. (2020). Analisis Makna Denotatif dan Konotatif dalam Film Upin & Ipin Episode Kenangan Mengusik Jiwa. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, Vol 3 No 1.
Listyarini dan Sarifah. (2020). Analisis Dieksis Dalam Percakapan Pada Channel Youtube Podcast Deddy Corbuzier Bersama Menteri Kesehatan tayangan Maret 2020. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 9 No 1.
Noviyanto, Leonardus Ristiardi . (2013). Persepsi Masyarakat Terhadap Perempuan Bertato. Skirpsi Universitas Pembangunan Nasional”Veteran” Jawa Timur.
Nugraha, Adhitiya. (2016). Fenomena Komunikasi Remaja Perempuan Bertato Di Pekanbaru, Jurnal JOM FISIP, Vol 3, No 2.
Selviana, Nina. (2018). Makna Denotasi dan Konotasi pada Ungkapan Tradisional dalam Konteks Pernikahan Adat Suku Pamona. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol 3 No 2.
Umbara, Suciptawati, dan Nilakusumawati. (2018). Pengaruh Seni dan Sosial Budaya Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Tato Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). E-Jurnal Matematika, Vol 7 No 4.
Internet:
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (1995). Pengertian Persepsi. http://kbbi.web.id/persepsi.html. Diunduh pada 27 Juni 2020.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (1995). Pengertian Persepsi. http:// kbbi.web.id/tato.html. Diunduh pada 27 Juni 2020.
MyNote. (2015). Definisi Persepsi. My World. Datakata.wordpress. com. https://www.google.com/ amp/s/datakata.wordpress. com/2015/01/17/definisi-persepsi/ amp/. Diunduh pada 27 Juni 2020.
DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i1.1211
Article Metrics
Abstract view : 1383 timesPDF - 1210 times
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|