PENGELOLAAN PEMERINTAHAN DESA MELALUI PENDEKATAN SOSIOKULTURAL PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Abstract
Keywords: Village Government, Community Empowerment, Socio cultural
Dibutuhkan keterlibatan sosiokultural untuk mewujudkan pembangunan desa yang mandiri dan transparan. Otonomi desa seharusnya menjadi peluang bagi aparatur desa untuk mendeteksi sumberdaya yang dimiliki, serta peka terhadap problematika yang ada. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mendasarkan pada esensi data yang akan dikumpulkan dan dianalisis, serta pertimbangan teoretis dan pandangan terhadap ilmu. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah kemandirian, peran serta masyarakat, relasi, dan rasa adil seringkali dihubungkan dengan konsep pemberdayaan dalam wacana pembangunan masyarakat. Di antara konsep ini, peran serta masyarakat berada pada ujung tombak pembangkitan kemandirian dan proses pemberdayaan itu sendiri. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa kedisiplinan merupakan fungsi pengelolaan sumber daya manusia yang terpenting dan kunci terwujudnya tujuan, karena tanpa disiplin yang baik sulit terwujud tujuan yang maksimal.
Kata Kunci: Pemerintah Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Sosiokultural
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajagrafindo
Bajari, Atwar. (2015). Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Dyatmika, T., & Afnan, D. (2018). Efektivitas Poster Kampanye Sosial Safety Riding dari Limbah Kain Batik untuk Mengubah Perilaku Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam Berkendara. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 10(2).
Dyatmika, T., & Afnan, D. (2018). Scrap Poster sebagai Media Kampanye Sosial Anti Narkoba di SMA Negeri Cirebon. Jurnal Kajian Media, 2(1).
Effendy, Onong. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya
Emzir, (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo
Gassing, dkk. (2016). Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset
Hamid, et al. (2011). Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana
Hikmat, Harry. (2013). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press
Ishaq, Ropingi. (2017). Public Relations: Teori dan Praktik. Malang: Intrans Publishing
Mardikanto, dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Meleong, J. Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya
Ruslan, Rosady. (2014). Etika Kehumasan: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers
___. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Setiana, Lucie. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia
Suhaimi, Ahmad. (2016). Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Yogyakarta: Deepublish
Supomo, dkk. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya Internet: https://www.cnnindonesia.com/ asional/20191108211147-12-446809/ icw-sebut-korupsi-dana-desadampak-dari-pengawasan-yangburuk
DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i1.1210
Article Metrics
Abstract view : 350 timesPDF - 658 times
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|