EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB

Wina Octavia, Nurul Hidayah

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab sering dihadapkan pada tantangan dalam mempertahankan minat belajar siswa. Hal ini terutama disebabkan oleh kompleksitas bahasa tersebut dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Latar belakang penelitian ini mencatat bahwa meskipun bahasa Arab penting dalam konteks global, minat belajar terhadap bahasa tersebut cenderung menurun di antara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan buku ajar dalam bentuk komik sebagai metode alternatif untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab di kalangan siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan desain eksperimen, dimana kelompok uji coba menggunakan buku komik dan kelompok patokan menggunakan buku teks konvensional. Data yang dikutip dari sumber sekunder sebagai dasar penelitian ini adalah kuesioner dan penilaian. Hasil survei menunjukkan bahwa 72,74% dari kuesioner mengenai minat siswa terhadap buku teks komik tergolong positif. Hasil akhir dari Paired Samples T adalah 0,000, yang berada di bawah tingkat signifikansi 0,05. Ini memberikan gambaran bahwa hipotesis nol (H0) dapat ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan buku teks komik secara signifikan meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran bahasa Arab jika dibandingkan dengan buku teks konvensional.


Keywords


Efektivitas; Buku ajar komik; Minat belajar; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26326.

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(April), 46.

Fathurrahman, A., Sumardi, Yusuf, A., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.7(No.2), 844.

Haqiqi, N., & Angga Permadi, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema I Subtema I Di Mi The Noor. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Vol.2(No.1), 165. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.274

Khalimi. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 17(2), 60. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/download/145/97

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, Vol.II(No.I), 43–48.

Syaifi, M. (2019). Pelaksanaan Variasi Metode Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bahasa Arab di SD Bina Anak Shaleh Tahun Pelajaran 2918/1019. Tarbawi, 07(01), 3.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 19. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53

Wahyuningtyas, C. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komik Materi Pembelajaran Peristiwa Sekitar Proklamasi Pada Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xii Ips Sma N 1 Ngemplak, Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 214.

Yenti. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas Via Sdn 09/Iv Kota Jambiâ€. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(1), 27. https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.12690

Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(1), 7. https://doi.org/10.30871/deca.v1i1.588

Zarkani, M. (2022). Metode Klasik dan Modern Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Amin, 7(2), 133. http://ojs.kopertais14.or.id/index.php/alamin




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v12i1.6837

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.