IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

sayyidah az-zahra nurhidayati

Abstract


Pendidikan adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk meningkatkan dan memperbaiki taraf kehidupan mereka. Manajemen adalah bidang yang menyelidiki bagaimana sumber daya manusia menggunakan peran mereka dan sumber daya lainnya secara efektif, efisien, dan berkualitas untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam menerapkan manajemen kualitas pendidikan Islam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti perbaikan berkelanjutan, penetapan standar kualitas, dan perubahan organisasi. Peningkatan kualitas harus dilakukan secara menyeluruh berdasarkan penilaian terhadap ukuran, kualitas, kondisi, dan kualitas yang sesuai. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pendidikan di sekolah atau madrasah, lembaga pendidikan harus menyediakan layanan berkualitas tinggi.

Keywords


Implementasi; Manajemen Mutu; Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Mahmudi, Mahmudi. 2019. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam

Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan

Agama Islam 2 (1): 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.

Rubini, Rubini. 2017. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Al-Manar 6

(2): 25–57. https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.74.

Eliyasin, Muhammad dan Nanik Nurhayati, Manajemen Pendidikan Islam,

Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2012

Astuti, M. W., & Daulay, N. K. 2020. Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana

dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di Smk Cerdas Murni Tembung.

Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), hlm 82–93

Siahaan, Amiruddin, Rizki Akmalia, Yuli Amelia, Tiwi Wulandari, Suhada Aulia

Fahra Hrp, and Khadijah Pasaribu. 2023. “Manajemen Peningkatan Mutu

Pendidikan.” Journal on Education 5 (2): 3840–48.

https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1068.

Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan

Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan , 3, 123–130.

https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123

Shobri, M. 2018. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hasan

Jufri. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1), hlm 12–26.

https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.35

Rozi, M. Asep Fathur. 2016. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal

Sains Dan Seni ITS 04 (02): 322–36.

http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/e

journal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10

.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006

%0Ahttps://doi.org/10.1




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v12i1.6686

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.