HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK MENURUT SYEKH NAWAWI AL BANTANI

Haidar Arijalu, Saiful Anwar M.Pd

Abstract


Syekh Nawawi Al-Bantani adalah seorang ulama dan tokoh pendidik Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Syekh Nawawi memandang pendidikan sebagai sarana membentuk generasi muslim yang berakhlak, cerdas, terampil, dan mandiri sejak usia dini. Ia merumuskan konsep pendidikan komprehensif meliputi pendidikan akhlak, keimanan, jasmani, kecerdasan, dan keterampilan. Menurut Syekh Nawawi masa anak merupakan masa emas yang potensinya perlu distimulasi optimal. Apabila anak dididik dengan benar, anak akan tumbuh menjadi generasi tangguh yang bermanfaat bagi agama dan bangsa. Syekh Nawawi menekankan peran orang tua sebagai pendidik utama dalam keluarga. Selanjutnya Metode pendidikan harus memperhatikan perbedaan individu dan dilakukan bertahap agar mudah diterima. Tulisan ini juga membahas relevansi gagasan Syekh Nawawi dengan kebutuhan pendidikan modern, khususnya dalam membentuk akhlak mulia pada era yang mengalami degradasi moral ini. Dengan demikian, pengembangan sistem pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai moral seperti yang diajarkan oleh Syekh Nawawi dapat menjadi salah satu langkah yang efektif dalam menghadapi tantangan degradasi moral di era modern ini. Pemikiran pendidikan menurut Syekh Nawawi diharapkan dapat memberi inspirasi pengembangan sistem pendidikan di Indonesia.

Keywords


Method Of Education; Sheikh Nawawi; Children Education

References


Adib, M. A. (2022). `Syekh Nawawi Al-Bantani: Kajian Pemikiran Pendidikan Islam dan Relevansinya di Abad-21’. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(2).

Bashori, B. (2017). Pemikiran pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Hariadi, M. F. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Syeikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Di Revolusi Industri 4.0. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 12(2).

Ilyas, M. A. (2019). Ajaran Syeikh Nawawi al-Bantani Tentang Pendidikan Akhlak Anak. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).

Khamid, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Nawawi Al-Bantani Dalam Kitab Nashaih Al-‘Ibad. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam.

Mukhlis, M. (2021). Pendidikan Islam dalam Pandangan Syekh Nawawi Al-Bantani dan Implementasinya di Era Globalisasi. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman.

Muqoddas, A. (2014). Syeikh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi Ilmuan Spesialis Ahli Syarah Kitab Kuning. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Nurzakka, M. (2021). Study of Tanqih Al-Qaul Al-Hatsits: The Book of Sheikh Nawawi Al-Bantani. Jurnal Living Hadis, 6(1).

Pendidikan Akhlak dalam al-Qur’an: Studi Tarbawi Perspektif Syaikh Nawawi al-Bantani. N.p., Penerbit A-Empat, 2021.

Pransiska, T. (2018). Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 18(2), 172-188.

Rohmani, M. S. (2016). Konsep dan Metode Pendidikan Anak Menurut Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.

Suwahyu, I., Nurhilaliyah, N., & Muthmainnah, S. (2020). Aksiologi Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al-Bantani Di Era Globalisasi. Tadrib, 6(2).

Taubah, M. (2015). Pendidikan anak dalam keluarga perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1).




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v12i1.6332

Article Metrics

Abstract view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.