Dampak FOMO Terhadap Kinerja Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseng Islam

Arumdapta Etika Salsabiela, Alfin Miftahul Khairi

Abstract


Menuntaskan skripsi merupakan salah satu proses panjang yang dijalani para mahasiswa selama kuliah, dimana proses tersebut banyak menguji mahasiswa itu sendiri baik secara intelektual, mental, sosial bahkan spritual. Kemudahan dalam mengakses media sosial pada saat ini membuat Mahasiswa sulit dalam mempertahankan konsentrasi mereka dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsi mereka. Peningkatan intensitas waktu yang cukup lama dalam penggunaan media sosial akan menimbulkan berbagai permasalahan salah satunya kecanduan internet (internet addiction), Hal ini menunjukkan bahwa  mengakses media sosial dapat menimbulkan perilaku adiktif dan  sangat berkorelasi dengan Fear of Missing Out (FOMO). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam dampak FOMO terhadap kinerja penyusunan skripsi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara semi terstruktuk kepada subjek penelitian yang berjumlah lima orang dengan kualifikasi mahasiswa bimbingan dan konseling UIN Raden Mas Said Surakatra angkatan 2018 dan berumur 23 tahun. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa Fear of Missing Out (FOMO) berdampak negatif yaitu skripsi yang terbengkalai dan kelulusan yang tertunda. Namun terdapat juga dampak positif yang muncul jika dalam penggunaan media sosial dilakukan dengan bijak yaitu sebagai stress realife dan menigkatkan mood dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i2.5729

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.