Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa Melalui Adversity Quotient (AQ) di Sekolah Dasar

Dessy Oktavia, Wahidah Fitriani

Abstract


Adversity Quotient (AQ)  ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana seseorang dapat mengelola dan menghadapi kesulitan dengan kecerdasan yang dimiliki, sehingga dapat mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti dalam pembelajaran PAI di sekolah dasar Adversity quotient  memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa dan membantu mereka mengembangkan kecerdasan untuk menghadapi tantangan kehidupan dengan semangat dan keteguhan hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam   meningkatkan kepribadian siswa sekolah dasar melalui penerapan konsep Adversity quotient (AQ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data melalui wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menganalisis hasil transkrip wawancara dengan guru PAI.  Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa guru PAI memiliki peran yang signifikan dalam membantu siswa mengembangkan Adversity Quotient (AQ) melalui pengajaran nilai-nilai moral, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan pengenalan konsep AQ sejak sekolah dasar. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan dan mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Adversity Quotient; Guru PAI; Kepribadian Siswa

Full Text:

PDF

References


Ansori, A. (2020). Kepribadian dan Emosi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(1), 41–54. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn

AP, N. R., & Anwar, F. (2021). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing dalam Pembinaan Sopan Santun Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5753–5758.

Ernita, & Fitriani, W. (2022). RELEVANSI KONSEP MERDEKA BELAJAR DENGAN KECERDASAN MULTIPLE INTELEGENCES, SPIRITUAL QUATIENT DAN ADVERSITY QUATIENT. Jurnal ANDRAGOGI, 4(3), 598–612.

Haluti, F., Ali, N., Jumahir, J., Saleh, S. K., & Wahyuni, N. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Modernisasi. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 211. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.2467

Haris, L., Hanif, M., & Hasan, N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Vicratina, 4(1), 155–161.

Helmy, M. I. (2019). Kepribadian dalam Perspektif Sigmund Freud dan Al-Qur’an : Studi Komparatif. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 4(2), 105–120. https://doi.org/10.32495/nun.v4i2.69

Hidayat, R., M, S., & Maulida, A. (2022). Peran Guru PAI-BP Dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 146–157.

Ilham, M. (2021). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 7 Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 245–272. https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i2-3

Marsila, U., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2023). Peran Guru PAI, Kurikulum Merdeka, Kepribadian Peserta didik. Jurnal, 12(1), 210–226.

Mitra, Maya, R., & Yasyakur, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(1), 95–104.

Nopiantika, H. (2022). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV SDN 01 Kabawetan. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(8), 263–272.

Nursaadah, N. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2).

Puriani, R. A., & Dewi, R. S. (2020). Konsep Adversity & Problem Solving skill. Bening Media Publishing.

Salamah, S. (2020). Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.281

Salsabila, S., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MTs Nurul Ikhlas Bekasi. Islamika, 4(4), 678–692. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2086

Santoso, B., & Triono, M. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5 . 0 : Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. 5(1).

Sitanggang, F. S., Silaban, P. J., Lumbangaol, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/589

Suyudi, M., & Wathon, N. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563

Zaini, Afif, N., & Luthfiah, A. (2024). PembelajaranPendidikan Agama Islam terhadapPembentukan Adversity QuotientSiswa di MTsDaarul Rahman Jakarta. EduInovasi:Journal of Basic Educational Studies, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i2.5711

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.