PERAN ORGANISASI PGRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
Abstract
Abstract
The Organization Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) is a place or a forum, an association of teachers and education personnel. This organization is expected to be a means of struggle in improving the quality of education. With such a wide and numerous network, the PGRI organization has taken root in Indonesia. The problems of education staff in Indonesia so far include teachers lacking the competence that teachers should have, teachers are also too focused on their welfare to the point of neglecting their main duties as teachers. This study uses a qualitative descriptive method, with data collection through observation, interviews, and documentation. The research subjects included PGRI administrators and active teachers in several schools. The data analysis technique used is data reduction and source triangulation. The results of this study reveal the role of the PGRI organization in efforts to pressure teacher professionalism in increasing professionalism and effectiveness through training, communication, advocating teacher rights and analyzing academics.
Keywords: PGRI; Organization; Teacher Profesionalism.
Abstrak
Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah tempat atau suatu wadah, himpunan para guru-guru dan tenaga kependidikan. Organisasi ini diharapkan dapat menjadi sarana perjuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan jaringannya yang begitu luas dan banyak, menjadikan organisasi PGRI mengakar di Indonesia. Masalah tenaga Pendidikan di Indonesia selama ini antara lain adalah guru kurang memiliki kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh guru, guru juga terlalu fokus terhadap kesejahterannya hingga mengesampingkan tugas utamanya sebagai pengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi pengurus PGRI dan guru aktif di beberapa sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan peran organisasi PGRI dalam upaya profesionalisme guru menekankan pada meningkatkan profesionalisme dan efektivitas melalui pelatihan, komunikasi, menadvokasi hak-hak guru dan menganalisis akademik.
Kata kunci: PGRI; Organisasi; Profesionalisme guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT BINEKA CIPTA.
Erpiyana, Irma, Monicha Shinta Mahardika, and Setya Ayu Surya W. 2022. “Peran Organisasi PGRI Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 5: 1081–87.
Erpiyana, Irma, Monicha Shinta Mahardika, Setya W Ayu Surya, Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, and Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2022. “Peran Organisasi PGRI Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.”
Kadir. 2022. Statistika Terapan. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustofa, -. 2012. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 4 (1): 76–88. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619.
Nata, Abuddin. 2021. Kebijakan Pendidikan Islam Dan Pendidikan Umum Di Indonesia. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Nurdin, Ali, Yayat Suharyat, and Darwyan Syah. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. JAKARTA: Faza Media.
Rahmadi, Darmawan, and Akhmad Syaekhu Rakhman. n.d. “Perjuangan PGRI Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Di Era Reformasi Tahun 1999-2003 (Studi Kasus PGRI DKI Jakarta Dan Depok).”
Shihab, Najeela. 2017. Merdeka Belajar Di Ruang Kelas. Tangerang Selatan: Literati.
Soetjipto, and Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT BINEKA CIPTA.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.
Tilaar, H.A.R. 1992. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
TILAR, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: 2002.
Hargreaves, Andy. 2021. Teacher Collaboration: 30 Years of Research on Its Nature, Forms, Limitations and Effects. 1st Edition.
Husain, Rusmin. 2020. “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri … 1 (2012): 12–21.
Kelchtermans, Geert. 2006. “Teacher Collaboration and Collegiality as Workplace Conditions. A Review.” Zeitschrift Fur Padagogik 52 (2): 220–37.
Wahyuni, Rina. 2020. “Refleksi: Pendekatan Untuk Meningkatkan Profesional Dalam Praktik Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 185–92.
Zahruddin. 2015. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Guru Dalam Rangka Menciptakan Professional Learning.” Seminar Nasional Professional Learning Untuk Indonesia Emas, 1–640.
DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i2.5296
Article Metrics
Abstract view : 164 timesPDF - 349 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.