IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI SD SWASTA ISLAM TERPADU AL-HIJRAH

Rizki Akmalia, Amaluddin Tanjung, Elsa Elita Hasibuan, Irma Tussadiyah Hasibuan, Soleh Parlindungan Tambak, Wardah Sahrani Sibarani

Abstract


Seorang pemimpin pendidikan yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah adalah prinsip dalam lembaga tertentu. Kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan dan kemajuan peningkatan standar sekolah. Hal ini karena sekolah harus memiliki pemimpin yang kuat karena merupakan entitas yang menyelenggarakan pendidikan. Seorang pemimpin yang baik harus mampu membimbing sekolah menuju tujuan yang sejalan dengan visi dan misinya serta mampu mengatasi tantangan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan di SDS TERPADU dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deksritip dan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdarakan hasil penelitian ditemukan bahwa Peran seorang pemimpin kepala sekolah sangat penting sekali dalam kemajuan suatu sekolah. Pengimplementasian Kepemimpinan kepala sekolah dalam lembaga pendidikan Islam di SD Swasta Islam Terpadu Al-Hijrah ini sudah berjalan semestinya. Dalam penerapan Kepemimpinan kepala sekolah di sekolah ini bisa dilihat dari dua poin besar didalamnya, yaitu konsultasi dan pengambilan keputusan.


Keywords


Implementasi, Kepemimpinan, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Musaddad. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah perspektif teori kepemimpinan perilaku (studi kasus sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta kabupaten Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-8.

Hoy, W. & Smith, P. (2007). Infuence: A key to successful leadership. International Journal of Education Management, 21(2), 158-167

Liah. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif GayaKepemimpinan Kepala Sekolah. Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 4(1), 1-21

Rahman Afandi. (2013). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. INSANIA, 18(1), 95-116.

Sari, dkk. (2022). Hakikat Kepemimpinan dan Tipe-Tipe Kepemimpinan Pendidikan. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(2), 1-12

Ushansyah. (2016). Kepemimpinan lembaga pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 54-60




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i1.4999

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.