PENGEMBANGAN METODOLOGI PAI DENGAN PENDEKATAN TEORI BEHAVIORISTIK DAN TEORI KOGNITIF

Nisa'atun Nafisah, Esa Nur Wahyuni

Abstract


Dalam dunia pendidikan, kurikulum memainkan peran kunci. Kurikulum berfungsi sebagai peta untuk perjalanan pendidikan yang dijalani oleh setiap siswa. Kurikulum, sebagai sarana untuk mewujudkan dan mencapai tujuan pendidikan nasional, perlu terus menerus dibuat dan disempurnakan untuk merefleksikan realitas saat ini. Pengembangan metodologi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan teori behavioristik dan teori kognitif bertujuan untuk memberikan pandangan baru dalam mengembangkan metode pengajaran PAI yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan cara melakukan pengumpulan data dari buku, jurnal, dan artikel hingga disusun menjadi sebuah analisis yang sistematis dan objektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan behavioristik dan kognitif dapat digunakan dalam pengembangan metodologi PAI. Pendekatan behavioristik menekankan pada penggunaan reinforcement dan punishment dalam memotivasi siswa untuk belajar. Sedangkan pendekatan kognitif fokus pada pengembangan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah siswa. Kombinasi dari kedua pendekatan tersebut dapat membantu siswa untuk belajar dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metodologi PAI yang lebih baik di masa depan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, F., & Gantaran, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran PAI. Darajat: Jurnal PAI Volume, 5(2), 139–148.

Al-mahiroh, R. S. (2020). Kontribusi Teori Kognitif Robert M . Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.353

Anfasyah, S., Warisno, A., & Hartati, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Unisan Journal, 1(4), 28–35.

Aprizal, R. (2022). Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SD Negeri 126 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 267–276.

Hadi, A., & Sari, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2), 100–106.

Harahap, K. S. (2021). Konsep Dasar Pembelajaran. Jounal of Islamic Education El Madani, 1(1), 25–36.

Hascan, M. A., & Suyadi. (2021). Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP di SIT Bina Insan Batang Kuis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 138–146.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97.

Majid, M. F. A. F., & Suyadi. (2020). Penerapan Teori belajar Behavioristik dalam Pembelajaran PAI. Konseling: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 95–103.

Mardiyani, K. (2022). Tujuan dan penerapan teori behaviorisme dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL) Vol., 2(5), 260–271.

Ni’amah, K., & Hafidzulloh, S. M. (2021). Teori pembelajaran kognitivistik dan aplikasinya dalam pendidikan islam 1. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 204–217.

Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 77–95.

Ramadanti, M., & Sary, C. P. (2022). Psikologi kognitif (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din, 8(1), 46–59.

Zalyana. (2016). Perbandingan Konsep Belajar , Strategi Pembelajaran dan Peran Guru ( Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme ). Jurnal Al-Hikmah, 13(1), 71–81.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i1.4827

Article Metrics

Abstract view : 377 times
PDF - 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.