SUPERVISI PROGRAM PENDIDIKAN KEPALA MADRASAH PADA PROFESIONALISME GURU

Abdurrahman Abdurrahman, Heru Juabdin Sada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan profesionalisme guru melalui peran kepala madrasah. Pada penelitian ini melakukan pendekatan deskripstif analisis dengan hasil data deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Mathalaul Anwar Pesawaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan analisis data deskriptif dengan prosedur analisis data berdasarkan Miles, Huberman, and Johnny saldana dengan tiga Langkah yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dengan melakukan keabsahan data berdasarkan Kredibilitas, transferability, auditability, serta confirmability. Hasil yang didapat pada penelitian ini didapat bahwa pembinaan profesionalisme yang berhubungan pada kinerja kepala madrasah yang menjadi supervisor dapat membuat atau Menyusun program supervisi pendididkan yang diwujudkan dalam penyusunan program supervisi kelas serta pengupayaan melalui dukungan dari beberapa program yang dilaksanakan pemerintah guna peningkatan profesionalisme guru dengan memberikan kegiatan secara ekternal dalam bentuk workshop serta secara internal dengan melakukan evaluasi tahunan serta pemberian teguran dengan cara kekeluargaan kepada guru yang melakukan kesalahan agar tetap pada jalur sesuai dengan visi misi sekolah.


Keywords


Pembinaan; Peran Kepala Madrasah; Profesionalisme

Full Text:

PDF

References


Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135–151.

Ana, F. Y., & Warlizasusi, J. (2021). Analisis Kebijakan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 8 Rejang Lebong. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 13–24.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173.

Apdila, M. N. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(1), 73–84.

Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan manajerial kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1).

Arzfi, B. P., Ananda, R., Putri, V. M., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2022). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5946–5952.

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Elliott, V. (2018). Thinking about the coding process in qualitative data analysis. The Qualitative Report, 23(11), 2850–2861.

FitzPatrick, B. (2019). Validity in qualitative health education research. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 11(2), 211–217.

Gist, C. D., Bianco, M., & Lynn, M. (2019). Examining grow your own programs across the teacher development continuum: Mining research on teachers of color and nontraditional educator pipelines. Journal of Teacher Education, 70(1), 13–25.

Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387–404.

Hamilton, J. B. (2020). Rigor in qualitative methods: An evaluation of strategies among underrepresented rural communities. Qualitative Health Research, 30(2), 196–204.

Hatta, M. (2020). Green leadership" the forest guard" from the upstream. EurAsian Journal of Biosciences, 14(2).

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Kabir, S. (2017). An overview of fault tree analysis and its application in model based dependability analysis. Expert Systems with Applications, 77, 114–135.

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Madrasah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93.

Kharisma, A., Setiawan, F., Rahma, F. N., & Saputra, A. (2022). Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah di Lembaga Pendidikan SDIT Taruna Al-Qur’an. PANDAWA, 4(1), 96–110.

Liu, N. F., Gardner, M., Belinkov, Y., Peters, M. E., & Smith, N. A. (2019). Linguistic knowledge and transferability of contextual representations. ArXiv Preprint ArXiv:1903.08855.

Maladerita, W., Dahliana, D., Ratih, M., & Rifma, R. (2019). Impelementasi Supervisi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 198–204.

Martina, F., Syafryadin, S., & Utama, J. A. (2020). The Practice of extensive reading among EFL learners in tertiary level. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 3(2), 56–72.

Murtafiah, W., Sa’dijah, C., & Candra, T. D. (2018). Exploring the Explanation of Pre-Service Teacher in Mathematics Teaching Practice. Journal on Mathematics Education, 9(2), 259–270.

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409.

Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18.

Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215–228.

Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68.

Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif Di Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114–129.

Rohmah, H. (2018). The implementation of herringbone technique in reading comprehension at second semester of Non-English Department. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 18(1), 64–78.

Sagita, F., & Qarni, W. (2023). Peran Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 3(1), 129–135.

Said, A. (2018). Kepemimpinan kepala Madrasah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257–273.

Saimah, S. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Ittihad Kuala Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2).

Sarmiento, C. P., Morales, M. P. E., Elipane, L. E., & Palomar, B. C. (2020). Assessment Practices in Philippine Higher STEAM Education. Journal of University Teaching and Learning Practice, 17(5), 18.

Taguchi, N. (2018). Description and explanation of pragmatic development: Quantitative, qualitative, and mixed methods research. System, 75, 23–32.

Tan, D. (2021). Metode Penelitian Hukum: Mengupas Dan Mengulas Metodologi Dalam Menyelenggarakan Penelitian Hukum. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2463–2478.

Usiono, R. W. (2021). Evaluasi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 55–65.

Yarni, N. (2021). Kompetensi Guru Pendidkan Agama Islam dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMK Negeri 1 Kaur. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 33–44.

Yono, T. (2018). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Setelah Mengikuti PLPG. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 64–72.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v10i2.3546

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.