ANALISIS BAHAN AJAR KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DITINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE

Camila Fatah Suroyya, Maemonah Maemonah, Siti Fatimah

Abstract


Riset dan pengetahuan dalam pendidikan terus mengalami perkembangan salah satunya adalah temuan dalam dunia pendidikan yaitu Teori Multiple Intelligences yang dikemukakan Gardner. Teori Multiple Intelligences merupakan teori yang menjelaskan mengenai kecerdasan manusia yang lebih rinci yaitu ada sembilan jenis kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis bahan ajar yaitu berupa buku tematik pada kurikulum 2013 pada sekolah tingkat madrasah ibtidaiyah (MI) ditinjau dari aspek Multiple Intelligences (kecerdasan majemuk). Buku tematik yang dianalisis merupakan buku tema dua yaitu menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi pustaka (Library research) dengan mengumpulkan analisis data dari literatur. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kemudian mengkaji dan menganalisis bahan ajar berupa buku siswa kelas III dan disesuaikan dengan aspek multiple intelligence lalu memaparkan hasil analisis dan menarik kesimpulan. Hasil yang ditunjukkan dari menganalisis bahan ajar yaitu pendistribusian aspek kecedasaran majemuk (multiple intelligence) yang yang tercantum didalamnya belum merata, bahkan ada jenis kecerdasan yang belum tercantum. Hal ini dapat diketahui dari data yang diperoleh pada subtema 1 yang menunjukan bahwa kecerdasan yang paling sering dimunculkan yaitu kecerdasan linguistik dan kecerdasan yang kurang begitu muncul adalah kecerdasan musical, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan ekstensial. Kemudian pada subtema 2 memperoleh hasil kecerdasan yang sering muncul terdapat pada kecerdasan interpersonal dan kecerdasan yang langka dimunculkan yaitu kecerdasan musikal. Selanjutnya hasil dari subtema 3 mendapatkan hasil kecerdasan tertinggi pada kecerdasan linguistik dan tidak memunculkan kecerdasan musikal. Yang terakhir pada subtema 4 diperoleh kecerdasan tertinggi pada kecerdasan linguistik dan tidak memunculkan kecerdasan musikal.

Keywords


Bahan ajar; Madrasah Ibtidaiyah; Multiple Intelligences

Full Text:

PDF

References


Ahmed, A. G. A., & Gasm, A. (2012). The relation between multiple intelligences theory and methods of ELT. International Journal of Learning and Teaching, 4(2), 26–41.

Ahsan, M., & Indawati, N. (2019). Implementation weighted product method to determine multiple intelligence child. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012038

Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas Iv. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 19. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398

Amalia, R. (2018). Model Pembelajaran dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(2), 279. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4772

Amir, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Panca Indera Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 105–118. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1141

Anggoro,M. Thoha dkk. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Assagaf, Y. K. S. S. & L. (2018). Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.

Budiartati, E. (2007). Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(2), 96–103.

Chatib, Munif. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence di Indonesia. Bandung: Kaifa.

Fadilah, R. (2019). Pendidikan Islam Dan Kecerdasan Majemuk ( Multiple Intelligence ). Al-Irsyad:Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(2), 61–79. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6752/2985

Febriyanti. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELIGENCES TEMA PENGALAMANKU KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG Oleh : Febriyanti DISERTASI Diajukan Untuk Memenuhi Salah satu Syarat Memperoleh Gelar Doktor Dalam Ilmu Pendid. Disertasi.

Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences pada Pembelajaran PAI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 220–244. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.17

http://kemdiknas.go.id

Kemendikbud. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Machali, I. (2013). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 21–45. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.462

Mardiana, T., & Indiati, I. (2020). HOW TO DEVELOP THE STANDARDIZED INSTRUMENTS OF MULTIPLE INTELLIGENCES IN ELEMENTARY SCHOOL: A QUALITATIVE-DESCRIPTIVE APPROACH. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 1(1). https://doi.org/10.25134/ijete.v1i1.2863

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muvid, M. B. (2021). Modernisasi Madrasah di Era Milenial Perspektif KH Abdul Wahid Hasyim. 32(2), 223–246.

Nur Fathonah, E. L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligence Nur. 559–570.

Sanjaya, wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : kencana.

Sri Weni Utami. (2019). Multiple Intelligences: Platform Global Paling Efektif untuk Pendidikan Abad ke-21 dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019, April, 251–257.

Suparno, Paul. (2004). Reformasi pendidikan: sebuah rekomendasi. Jakarta: Gramedia.

Utami, A. D. (2012). INTERPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT APPROACH IMPROVING INTRAPERSONAL INTELLIGENCE AND INTERPERSONAL. Jurnal Ilmiah Visi, 7(2), 138–152.

Wahyuningsih. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Bermain Alat Musik Perkusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 65–77.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas Viii Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(5), 534–549. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4378

Widiana, I. K., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Integration of Multiple Intelligences in Thematic Instructional Kit in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(1), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v10i1.2811

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.