MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROGRAM UNGGULAN BAHASA MANDARIN DI SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA

Moh Nasuka, Munasir Munasir, Ahmad Faiz, Riza Ariyani Nur Khasanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mencoba mendeskripsikan dan menganalisis bahasa mandarin, menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga minat belajar bahasa mandarin meningkat secara signifikan dan menjadikan pembelajaran bahasa mandarin sebagai program unggulan di SMA walisongo. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif. Teknik menggunakan wawancara, pengumpulan data observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bahasa Mandarin di SMA walisongo pecangaan jepara menggunakan model pembelajaran kolaborasi tiga model, alm mind, mapping atau role playing. Model ALM ( Audio Lingual Method) digunakan untuk menghafal, software model mind mapping digunakan untuk berlatih membaca dan menulis, dan metode role playing digunakan untuk berkomunikasi. Pencapaian hasil belajar bahasa mandarin SMA walisongo pecangaan memenuhi target yang diharapkan, melalui tiga model pembelajaran yang dijelaskan di atas menunjukkan bahwa siswa dapat menghafal kosakata dan ekspresi sebagai syarat peningkatan kelas. Selain itu siswa mampu membaca dan menulis serta berkomunikasi dengan lancar sesuai dengan prestasi belajarnya.

Kata Kunci: Pembelajaran, Metode pembelajaran, Mandarin


Keywords


Learning methods; languange; chinese

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2000. Manajement Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buzan, Tony, 2008. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harmer, Jeremy. 2011. How to Teach English. Oxford: Helena Gomm

Joyce, Bruce R. and Weil, Marsha. 1972. Models of Teaching. Michigan: Prentice-Hall

Mucalel, Joseph C. 2007, Approach To English Language Teaching. New Delhi: Discovery Publish.

Nunan, D. 2001. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: CUP

________. 2003. Practical English Language Teaching. Boston: Mc Graw Hill.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i2.2761

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.