MANAJEMEN KEPENGAWASAN RA/MI DI KECAMATAN BATANG, KABUPATEN BATANG PERSPEKTIF TEORI NEOKLASIK

Abdul Wahab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis manajemen kepengawasan RA/MI di Kecamatan Batang berdasarkan teori manajemen neoklasik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat yang dipilih untuk melakukan penelitian yaitu RA/MI di Kecamatan Batang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pengawas pendidikan RA/MI di Kecamatan Batang Kabupatan Batang diselenggarakan dengan menejemen yang terstruktur dan sistematis. Manajemen kepengawasan RA/MI di Batang terstruktur yakni, (1) Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan, (2) Perluasan kerja (job enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi, dan (3) Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada para yunior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak; (4) Penemuan best possible person (orang yang terbaik); (5) Penciptaan best possible work; (6) Penggunaan best possible effect untuk memotivasi karyawan. Proses kepengawasan di tingkat MI/RA tetap berjalan meskipun pandemi Covid-19. Hanya saja prosesnya tidak seperti sebelum pandemi berlangsung. Untuk setiap penyusunan program kerja dilakukan secara bersama melibatkan komponen pendidik yang tergabung dalak KKMI/KKRA (Kelompok Kerja MI/RA) di wilayah masing masing sehingga nantinya program kerja akan berjalan dengan baik.


Keywords


manajemen, kepengawasan, RA/MI, neoklasik

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., & Rohmanto, E. (2008). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV.Yrama Widya.

Buku Kerja Pengawas. (2011). Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pegembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Burhanudin. (2004). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Cropley, A. (2019). Introduction to Qualitative Research Methods. Riga, Latvia: Zinātne. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3095.6888

Departemen Agama RI. (2000). Profesionalisme Pengawas Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI. (2004). Pedoman Pengembangan Profesi Kepengawasan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Pengawas. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Erwin, Usman, S., & Ibrahim, M. M. (2020). Implementasi Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tenete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Idaarah, IV(2), 256–266.

Habibullah, A. (2013). Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. EDUKASI, 11(06), 46–64.

Hamalik, O. (1991). Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Bandung: Mandiri Maju.

Handoko, H. (1999). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. (T. R. Rohidi, Ed.). Jakarta: UI-Press.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munifah. (2009). Manajemen Pendidikan dan Implementasinya. Kediri: STAIN Kediri Press.

Saputra, M. A. (2016). Kompetensi Pengawas Madrasah dan PAI di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Al-Qalam, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.80

Schein, E. H. (2008). Organizational Culture and Leadership. San Fransisco: Jossey-Bass.

Sholihun. (2018). Upaya Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PURWOKERTO.

Siagian, S. P. (1978). Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Siahaan, A., Ida, (2006). Manajemen Pengawas Pendidikan. Ciputat: Quantum Teaching.

Simbolon, M. M. (2003). Ekonomi Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sulityorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i2.2733

Article Metrics

Abstract view : 417 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.