MANAJEMEN KEPENGAWASAN RA/MI DI KECAMATAN BATANG, KABUPATEN BATANG PERSPEKTIF TEORI NEOKLASIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis manajemen kepengawasan RA/MI di Kecamatan Batang berdasarkan teori manajemen neoklasik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat yang dipilih untuk melakukan penelitian yaitu RA/MI di Kecamatan Batang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pengawas pendidikan RA/MI di Kecamatan Batang Kabupatan Batang diselenggarakan dengan menejemen yang terstruktur dan sistematis. Manajemen kepengawasan RA/MI di Batang terstruktur yakni, (1) Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan, (2) Perluasan kerja (job enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi, dan (3) Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada para yunior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak; (4) Penemuan best possible person (orang yang terbaik); (5) Penciptaan best possible work; (6) Penggunaan best possible effect untuk memotivasi karyawan. Proses kepengawasan di tingkat MI/RA tetap berjalan meskipun pandemi Covid-19. Hanya saja prosesnya tidak seperti sebelum pandemi berlangsung. Untuk setiap penyusunan program kerja dilakukan secara bersama melibatkan komponen pendidik yang tergabung dalak KKMI/KKRA (Kelompok Kerja MI/RA) di wilayah masing masing sehingga nantinya program kerja akan berjalan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z., & Rohmanto, E. (2008). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV.Yrama Widya.
Buku Kerja Pengawas. (2011). Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pegembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Burhanudin. (2004). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Cropley, A. (2019). Introduction to Qualitative Research Methods. Riga, Latvia: Zinātne. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3095.6888
Departemen Agama RI. (2000). Profesionalisme Pengawas Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Agama RI. (2004). Pedoman Pengembangan Profesi Kepengawasan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Pengawas. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Erwin, Usman, S., & Ibrahim, M. M. (2020). Implementasi Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tenete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Idaarah, IV(2), 256–266.
Habibullah, A. (2013). Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. EDUKASI, 11(06), 46–64.
Hamalik, O. (1991). Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Bandung: Mandiri Maju.
Handoko, H. (1999). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. (T. R. Rohidi, Ed.). Jakarta: UI-Press.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munifah. (2009). Manajemen Pendidikan dan Implementasinya. Kediri: STAIN Kediri Press.
Saputra, M. A. (2016). Kompetensi Pengawas Madrasah dan PAI di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Al-Qalam, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.80
Schein, E. H. (2008). Organizational Culture and Leadership. San Fransisco: Jossey-Bass.
Sholihun. (2018). Upaya Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PURWOKERTO.
Siagian, S. P. (1978). Manajemen. Yogyakarta: Liberty.
Siahaan, A., Ida, (2006). Manajemen Pengawas Pendidikan. Ciputat: Quantum Teaching.
Simbolon, M. M. (2003). Ekonomi Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sulityorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.
DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i2.2733
Article Metrics
Abstract view : 417 timesPDF - 260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.