KEPEMIMPINAN TRANFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALITAS MANAJEMEN MADRASAH (Studi Kasus MA Darul Ulum Kota Semarang)

Elen Inderasari

Abstract


Era disrupsi dibutuhkan pemimpin yang berani bersikap, kritis, dan inovatif dalam menjawab tantangan zaman. Pemimpin era disrupsi harus memiliki karakter kepemimpinan yang kuat. Tujuan yang hendak dicapai dalam pembahasan Mengetahui kepemimpinan tranformatif kepala madrasah dalam mewujudkan profesionalitas guru di madrasah; dan manajemen optimalisasi dalam mewujudkan profesionalitas guru di madrasah melalui kepemimpinan transformatif di MA Darul Ulum Kota Semarang. Metode penulisan ini penelitian kualitatif pola pendekatan studi kasus. Data penelitian menggunakan data primer yang berasal dari hasil interview dan observasi serta data sekunder yang berasal dari dokumen. Sumber data dalam penelitian ini berwujud kata dan tindakan selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Gaya pemimpinan transformatif yang diterapkan di MA Darul Ulum Kota Semarang Kepemimpinan transformatif ini dalam konsep Ki Hajar Dewantara semboyannya Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Managemen kepemimpinan kepala sekolah MA Darul Ulum Kota Semarang dalam mengoptimalkan profesionalitas guru meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), Koordinasi (coordinating), dan pengawasan (controlling). Perilaku kepemimpinan dalam upaya melaksanakan keterampilan memimpin memegang peranan yang sangat penting untuk untuk meningkatkan kualitas sekolah. Perilaku kepemimpinan yang positif sangat mendukung terhadap penerapan manajemen kepala sekolah akan lebih mencapai keberhasilan.


Keywords


manajemen; kepemimpinan tranformatif; profesionalitas

Full Text:

PDF

References


Agus Purwowidodo, Saifudin Zuhri, D. (2020). Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformatif dalam Peningkatan Daya Saing Pendidikan(Kajian Multikasus di MI Perwanida Kota Blitar dan SDI Al-Munawir Kabupaten Tulungagung). Taallum, 8(1), 309332. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.309-332

Aminuddin, M. Y. (2017). Model Kepemimpinan Transformatif (Kajian Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam). Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 7(September), 1432.

Badeni. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Bass, B. M. (1997). Personal Selling and Transactional/Transformational Leadership. Journal of Personal Selling & Sales Management, XVII(3).

Bush, T., & Coleman, M. (2012). Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermino, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Parama Publishing.

Karim, M. (2010). Transformasional: di Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Komsiyah, I. (2016). Kepemimpinan Transformatif Perkembangan dan Implementasinya pada Lembaga Pendidikan. Taallum, 04(02), 293316.

Lestari, P. (2017). Kepemimpinan Transformatif dalam Membangun Budaya Kewargaan: Studi Kepemimpinan Ridwan Kamil di Kota Bandung. INTEGRALISTIK, XXVIII(1), 4048.

Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1994). Qualitatve Data Analysis. London: Sage Publications.

Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, 3854.

Suci, N. M. (2019). The Evolution Of Management Thought. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1).

Wayne, H., & Miskel, C. G. (2014). Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.2046

Article Metrics

Abstract view : 355 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.