SOLUSI TERHADAP PROBLEM IT DI PENDIDIKAN ISLAM

Zaenal Arifin

Abstract


Abstrak

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Kemajuan zaman telah memasuki revolusi indrustri 4.0, yakni kemajuan zaman di bidang teknologi informasi atau era digitalisasi. Bentuk kemajuan di bidang IT tersebut mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Segala bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi pada dasarnya untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun demikian pendidikan Islam masih mengalami problem ketertinggalan di bidang teknologi informasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab pendidikan Islam mengalami ketertinggalan di bidang teknologi informasi dan solusi pemecahan problem ketertinggalan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yakni penelitian yang menjadikan literatur-literatur baik dari buku, jurnal-jurnal, serta artikel-artikel yang terkait dengan penelitian sebagai sumber data penelitian.Penelitian ini menggunakan pendekata fenomenologi, dimana pendeskripsian permasalahan berdasarkan fenomena atau kejadian nyata.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa problem IT dalam pendidikan Islam disebabakan karena umat Islam kurang memperhatikan keilmuan kemajuan modern. Kemudian secara teknis ketertinggalan pendidikan Islam dalam bidang IT disebabkan lemahnya SDM dalam penguasaan IT dan infrastruktur atau perangkat IT yang belum tersedia dengan baik. Solusi bagi problem tersebut adalalah dengan menyadarkan umat Islam tentang pentingnya iptek, menyiapakan SDM yang berkualitas, serta menyiapkan infrastruktur teknologi informasi yang memadai untuk proses pendidikan.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Problem IT, Revolusi Industri 4.0

Keywords


Teknologi Informasi: Pendidikan Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.2001

Article Metrics

Abstract view : 1200 times
PDF - 1220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.