SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut, serta implikasi supervisi akademik pengawas PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 1 Pecangaan jepara. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu peneliti hanya mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa dan aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas PAI SMAN 1 Pecangaan jepara, dengan teknik pengumpulan data melalui: (1) Observasi (2) Wawancara Mendalam, dan (3) Studi Dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian dicek keabsahannya dengan cara triangulasi. Kemudian dianalisis dengan cara : (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan (3) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan temuan sebagai berikut: (1) Program supervisi akademik pengawas PAI SMAN 1 Pecangaan jepara disusun berdasarkan hasil analisis supervisi dan pemantauan proses pembelajaran tahun sebelumnya; Program supervisi akademik pengawas PAI SMAN 1 Pecangaan jepara disusun pada awal tahun pelajaran, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan dan menentukan waktu pelaksanaannya, (2) pelaksanaan supervisi akademik pengawas PAI SMAN 1 Pecangaan jepara meliputi: melakukan supervisi perangkat pembelajaran dan supervisi pengamatan proses pembelajaran (3) Pelaksanaan tindak lanjut terhadap hasil supervisi akademik dengan bentuk pembinaan personal dan kelompok. (3) Implikasi supervisi akademik kepala sekolah yaitu: (a) Meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran (b) Meningkatnya Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, (c) Meningkatnya kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Mutu Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Supervisi Akademik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
Asf, J., & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Dalawi, Zakso, A., & Radiana, U. (2013). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Danim, S. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Bumi Aksara. https://doi.org/10.1080/02673843.2013.847850
Danim, S. (2012). Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia.
Hartoyo. (2006). Supervisi Pendidikan. Pelita Insan.
Karwati, E., & Priansa, D. J. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Alfabeta.
Lie, K. M., Radiana, U., & Djudin, H. T. (2013). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Upaya Pembinaan Profesionalisme Guru di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 1–17.
Martiyono. (2014). Mengelola dan Mendampingi Implementasi Kurikulum 2013. Aswaja.
Nawawi, H., & Martini, M. (1994). Penelitian terapan (1st ed.). Gajah Mada University Press.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Nurnalisa, Z., AR, M., & AR, D. (2013). Supervisi Akademik Pengawas untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru pada SMK Negeri ! Mesjid Raya Aceh Besar. Jurnal Intelektualita: Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi Kepemimpinan, Psikologi Dan Konseling, 3(2), 81–92.
Prasojo, L. D., & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Gava Media.
Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Slameto. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206
Sola, E. (2018). Ada Apa Dengan Supervisi Pendidikan? Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 130–140. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5406
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryabrata, S. (2016). Metode Penelitian. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1823
Article Metrics
Abstract view : 275 timesPDF - 325 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.