MANAJEMEN PEMBINAAN KESISWAAN PADA PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA

Jazuli Jazuli, Barowi Barowi, Munasir Munasir

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, faktor pendorong dan penghambat, serta sejauh mana hasil pembinaan kesiswaan dalam peningkatan kedisiplinan belajar peserta didik pada MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Ada tiga teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pembinaan kesiswaaan kedisiplinan siswa dilakukan dengan menyusun program kerja, jadwal kegiatan, merumuskan tujuan, serta menentukan pembinaan kedisiplinan pada awal semester dengan rapat bersama semua stakeholder madrasah. Pelaksanaan pembinaan kesiswaaan pada aspek kedisiplinan belajar siswa diantaranya adalah kedisiplinan waktu, kedisiplinan mematuri peraturan, kedisiplinan bersikap, kedisiplinan dalam beribadah, dan kedisiplinan berseragam dan kedisiplinan mengikuti jadwal pelajaran. Pembinaan kedisiplinan melalui hukuman, sistem point, bimbingan BK dan esktra wajib pramuka. Evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaaan dilakukan tiga bulan sekali dengan melibatkan berbagai pihak di lembaga. 2) Faktor penghambat pelaksanaan pembinaan kesiswaan pada aspek kedisiplinan belajar siswa diantaranya adalah jarak sekolah yang begitu jauh, kemudian banyak anak yang lebih berani dalam melanggar tata tertib dan adanya karakteristik siswa yang berbeda-beda. Sedangkan faktor pendukungnya guru yang profesional yang membidangi masalah keesiswaan, guru yang kooperatif dan orang tua yang mendukung 3) Peningkatan kedisipilinan peserta didik melalui manajemen pembinaan kesiswaan pada MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara mengalami peningkatan dalam hal kedisiplinan. Hal ini dibuktikan dengan semakin menurunnya peserta didik yang melanggar tata tertib madrasah.

Kata Kunci: kedisiplinan belajar; manajemen kesiswaan; pembinaan siswa


Keywords


kedisiplinan belajar; manajemen kesiswaan; pembinaan siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2018). Psikologi Belajar (3rd ed.). PT. Rineka Cipta.

HS, L. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Pinus Book Publisher.

Mantja. (2007). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan (Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran). Elang Mas.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan (1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Munasyaroh, S. (2008). Peran Guru Agama dalam Pembentukan Disiplin Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 34 Semarang.

Nawawi, H. (2005). Pendidikan dalam Islam. Al-Ikhlas.

Ngadono. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Athfal Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Pemerintah Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sharplin, A. (1985). Strategic Management (Mcgraw Hill Series in Management). McGraw-Hill.

Slameto. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206

Sobri, Jihad, A., & Rochman, C. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Multi Pressindo.

Soetopo, H., & Sumanto, W. (2007). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Buana Offset.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wijaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Zuriah, N. (2009). Metodologi Pendidikan Sosial dan Pendidikan. Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1822

Article Metrics

Abstract view : 642 times
PDF - 346 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.