STUDI TENTANG KUALITAS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 JEPARA

Maryanto Maryanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan kepala madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Pengkajian yang dilaksanakan merupakan pengkajian yang berusaha mengungkapkan, menemukan, dan menggali informasi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru di MTsN 1 Jepara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah meliputi mengidentifikasi berbagai permasalahan, menyusun program supervisi, dan menyusun mekanisme pelaksanaan serta tindak lanjut. 2) Pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala madrasah meliputi pengawasan, pembinaan, dan penilaian terhadap guru. 3) Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan berupa penguatan, penghargaan, dan teguran.
Kata kunci: Kepala Sekolah; Kualitas pembelajaran; Supervisi Akademik


Keywords


Kepala Sekolah; Kualitas pembelajaran; Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. (2003). Pedoman Pengembangan: Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: (s.n.).

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan, Profesionalisme Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Emzir. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hujair, & Sanaky. (2003). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Karsiyem, & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus Iii Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201‑212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasojo, L. D., & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Riyanto. (2017). Pengelolaan Supervisi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Managemen Pendidikan, 12(1), 217‑227.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Satori, D. (2004). Paradigma Baru Supervisi Pendidikan untuk Peningkatan Mutu dalam Konteks Peranan Pengawas Sekolah dalam Otonomi Daerah. Dans Seminar Peranan Pengawas dalam Otonomi Daerah. Bandung: APSI Provinsi Jawa Barat.

Subaidi, & Sutain. (2019). Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Banat Kudus. ISEMA: Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2), 147‑162.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Syaiful, D. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tahir, A. W. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Saya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Inspiratif Pendidikan, VI(1), 1‑14.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1820

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.