IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH NU TBS KUDUS

Nur Khamim

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam prespektif Islam pada madarasah Aliyah NU TBS Kudus. Hasil penelitian berkesimpulan: Pertama, pendidikan karakter dalam perspektif Islam adalah “karakter” sama halnya dengan “akhlak”. Sehingga pendidikan karakter dalam perspektif Islam lebih menitikberatkan pada sikap peserta didik, yang hal tersebut pada kehendak positif yang selalu dibiasakan, sehingga mampu menimbulkan perbuatan dengan mudah, tanpa pertimbangan pemikiran terlebih dahulu dalam kehidupan sehari-hari. Kedudukan akhlak sangatlah urgen dalam kehidupan manusia, sehingga Allah mengutus Nabi Muhammad SAW. ke muka bumi ini adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Implementasi pendidikan karakter di lembaga pendidikan Islam anatara lain; kejujuran disiplin, hemat, berfikir kritis, berperilaku qanaah, toleran, peduli terhadap lingkungan, tidak sombong, optimis, terbiasa berperilaku ridha, produktif, dan obyektif. Kedua, madrasah aliyah NU TBS Kudus yang merupakan madrasah berbasis salaf dan pesantren, lewat kurikulum dan program-programnya, sangat konsen dalam bidang implementasi nilai-nilai karakter islami.
Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan karakter, prespektif Islam, implementasi


Keywords


nilai-nilai pendidikan karakter, prespektif Islam, implementasi

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, tth, Ihya‟ „Ulum Al-Din, III, Beirut: Dar Al-Fikr.

Amin, Ahmad. 1945. Al-Akhlaq, Kairo: Al-Amiriyah.

Amri, Sofan. dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karater Siswa dalam Proses Pembelajaran, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Assegaf, Abd. Rachman, 2011. Fislsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, Tamyiz. 2001. Akhlak Pesantren: Solusi bagi Kesrusakan Akhlak, Yogyakarta: Ittaqa Press.

Djatnika, Rahmad. 1992. Sistem Etika Islam Akhlak Mulia, Jakarta: Pustaka Panjimas.

Elias, J.L. 1989. How to Teach About Values: An Analytic Approach, Florida: Obert E. Krieger Pu-blishing Co., Inc.

Fatihuddin dan Abul Yasin, Himpunan Hadist Teladan Shahih Muslim, Surabaya: Terbit Terang.

Harahap, Syahrin. 2005. Penegakan Moral Akademik di Dalam dan Luar Kampus,nJakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lexy J, Moleong, (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mahmud, Adnan. 2005. Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul dan Dian Andayan. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Rosda Karya.

Mu‟in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik Urgensi Pendidikan Pregresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orangtua, Yogyakarta: ArRuzzmedia.

Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Musthafa Imron, dkk, 2015, Profil Madrasah Aliyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyyah (TBS) Kudus, Kudus: Perc. TBS.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Kurikulum TBS, 2017, Kurikulum Madrasah Aliyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyyah (TBS) Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018, Kudus: Perc. TBS.

Undang-Undang RI Nomor 20 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1819

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.